Ini Profile Peneliti Asal Maluku Yang Pimpin Badan Riset di Maluku

  • Bagikan
Yosmina Tapilatu Kepala BRIN Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Yosmina Tapilatu, akademisi wanita pertama di Universitas Pattimura yang dipilih memimpin Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Maluku. Yosmina, adalah Peneliti mikrobiologi laut ini mulai bergabung di LIPI terhitung mulai 1 Januari 2011.

Sejak terbentuknya secara resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021 maka beberapa LPNK termasuk LIPI dilebur masuk ke dalam BRIN.

Secara khusus Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI yang berkedudukan di Ambon turut diintegrasikan ke dalam BRIN dengan mengalami perubahan nama menjadi Pusat Riset Laut Dalam (PRLD) – BRIN.

Dalam sejarah kepemimpinan salah satu pusat riset di kawasan timur Indonesia ini, sejak masih menjadi Stasiun Penelitian Ambon (SPA) LIPI tahun 1973 sampai menjadi PRLD, untuk pertama kalinya dipimpin oleh seorang perempuan peneliti.

Baca:

Dr. Yosmina Tapilatu, S.Pi, DEA ditunjuk oleh Kepala BRIN sebagai Pelaksana Tugas Kepala Pusat Riset Laut Dalam – BRIN sejak 8 April 2022. Peneliti mikrobiologi laut ini mulai bergabung di LIPI terhitung mulai 1 Januari 2011.

Yosmina telah menghasilkan 26 tulisan ilmiah yang diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional.

"Keterlibatan dalam aktivitas ilmiah yang bertaraf nasional dan internasional cukup banyak (25 kali) dalam bentuk pertemuan ilmiah dan lainnya,"kata Yosmina dalam rilis resmi Humas BRIN yang diterima AMEKS.FAJAR.CO.ID , Rabu (20/4).

Banyak penghargaan yang telah diterima. Di antaranya sejak masih menjadi mahasiswa S3 di Prancis (Mahar Schutzenberger Award 2009) dan saat menjadi peneliti pemula (early-career researcher) (L’Oreal-UNESCO Indonesia For Women in Science Fellowship, 2011 dan Kartini Award for inspirational Women in environmental field, 2012).

Yosmina juga merupakan anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) tahun 2017-2021, dan pada tahun 2021 menerima Satya Lancana Karya Satya X tahun.

Yosmina lahir di Ternate, 17 Agustus 1977. Menyelesaikan studi pada program studi Ilmu Kelautan dan memperoleh gelar Sarjana Perikanan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Pattimura Ambon pada tahun 2001.

Baca:

Selanjutnya, pendidikan pasca sarjana (DEA, setara Magister) dalam bidang Biosains lingkungan, Kimia dan Kesehatan dilakukan di Pusat Oseanologi Marseille, Universitas Aix-Marseille II di Prancis dan lulus 2004. Pendidikan S3 dilakukan di bidang Oseanologi di universitas yang sama dan lulus pada 2010.

Sebagai salah satu perempuan peneliti dan penerus semangat Kartini, Yosmina Bersama tim akan fokus untuk menguatkan pusat riset ini dari sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan penelitian khususnya terkait laut dalam, dan membangun jejaring kerja sama dengan lembaga-lembaga riset nasional maupun internasional. (TAB)

  • Bagikan