Pawai Malam Takbiran di Ambon Aman

  • Bagikan
Kapolda dan Pangdam Pattimura
Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, dan jajaran saat melaksanakan pemantauan malam takbiran di Kota Ambon. (Ars Hamdin/AmeksOnline).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Meski sempat terjadi ketegangan antara peserta pawai malam takbiran di kawasan jalan Jenderal Soedirman, Batumerah dengan aparat keamanan namun pawai berlangsung aman dan terkendali.

Kapolresta Ambon, Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora mengatakan, pawai malam takbiran yang berlangsung sejak pukul 20.00 WIT, disejumlah kawasan di Kota Ambon, terutama pusatnya disepanjang jalan Jenderal Soedirman Batumerah, berakhir dengan aman. Pawai malam takbiran itu berlangsung hingga 02.00 dini hari.

Baca:

"Pawai berakhir dengan aman terkendali, " kata Kapolresta, kepada wartawan dikawasan Batumerah.

Menurutnya, aparat keamanan hanya mengamankan pelaksanaan pawai malam takbiran tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tugas kita mengamankan mereka. Seperti yang rekan-rekan (wartawan) lihat (antuasias warga yang tumpah ruah kejalanan untuk pawai), " ujarnya.

Perwira dengan tiga melati dipundaknya ini mengaku, jika euforia masyarakat terutama remaja dan anak-anak untuk pawai malam takbiran ini merupakan sebuah kegembiraan, bagi mereka yang telah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

"Kita maklumi inilah bentuk ekspresi mereka. Lagian kan 2 Tahun, kita hidup dalam suasana Covid-19, sehingga dengan kondisi saat ini, maka mereka biarkan merekalah, " terangnya.

Sejak awal dirinya telah memerintahkan personil aparat keamanan agar mengutamakan pendekatan persuasif saat melaksanakan pengamanan malam takbiran.

Baca:

"Kita sampaikan tugas kita mengamankan dan menertibkan mereka. Kita patut apresiasi karena hingga jam 02.00 WIT, suasana di arus lalu lintas sudah normal kembali dan jalan sudah sepi, "ujarnya.

Mantan Kapolres Maluku Tengah ini menambahkan, jika usai melaksanakan pengamanan malam takbiran, pihaknya akan beristirahat sejenak untuk kembali melaksanakan pengamanan sholat Idul Fitri diseluruh masjid yang ada di Kota Ambon.

" Jam 06.00 WIT, kita akan lanjutkan pengamanan sholat Idul Fitri lagi hingga selesai. Semuanya kita pastikan aman terkendali, "pungkasnya. (ARH).

  • Bagikan