Ini Bocoran Nama Usulan Caretaker 4 Kepala Daerah

  • Bagikan
Kantor Gubernur Maluku
Kantor Gubernur Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID Beredar sejumlah nama pejabat yang diusulkan ke Menteri Dalam Negeri untuk mengisi jabatan caretaker Bupati tiga kabupaten dan Walikota Ambon. Mereka sudah harus menjabat pada 22 Mei minggu depan.

Semua administrasi mereka yang diusulkan bahkan sudah berada di tangan Kepala Biro Pemerintah Boy Kaya, untuk disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri. Mereka yang diusulkan merupakan pejabat di Pemerintah Provinsi Maluku.

Usulan disampaikan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail ke Menteri Dalam Negeri. Informasi AMEKS.FAJAR.CO.ID , semua nama sudah disampaikan secara online, dan administrasinya diserahkan langsung ke Kemendagri.

Baca:

Mereka yang diusulkan diantaranya, adalah Roy Syauta, dan Titus Rahawarin. Keduanya diusulkan untuk menjabat caretaker Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar atau KKT.

Berikutnya untuk Kabupaten Seram Bagian Barat, beredar nama Ima Sopamena, dan Umar Alhabsy. Nama ini informasinya juga ikut dikirim ke Kemendagri untuk diseleksi di Kemendagri.

Untuk Kota Ambon sendiri nama yang dikirim ke Kemendagri, adalah Bodewyin Wattimena. Ada juga nama Muhammad Marasabessy. Namun hingga kini kedua nama itu juga belum final.

Sementara untuk Buru, ada nama Fandy Hasanussy, dan
Jasmono. Informasi AMEKS.FAJAR.CO.ID , nama Fandy Hasanussy paling kuat untuk menggantikan Ramli Umasugi yang sudah berakhir masa jabatannya.

Kepala daerah yang akan berakhir masa jabatan adalah Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard
Louhenapessy-Syarief Hadler, Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina.

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru, Ramli Umasugy -Amustafa Besan dan Bupati Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon–Agustinus Utuwaly.

Sedangkan Bupati Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Abua Tuasikal–Marlatu Lelelury belum di usulkan karena masa jabatan keduanya baru berakhir pada 8 September 2022.

Baca:

Karo Pemerintahan Setda Maluku Dominggus Kaya yang dikonfirmasi membenarkan adanya pengusulan 12 nama untuk tiga kabupaten, dan Kota Ambon. Kata dia, pengusulan telah di dilakukan awal Mei 2022.

Dari sesuai ketentuan, masing-masing daerah minimal tiga orang. Mereka kemudian akan diseleksi lagi oleh Mendagri untuk menetapkan satu orang sebagai Karteker Bupati atau Walikota.

"Sudah diusulkan, tapi libur panjang, jadi Kemendagri baru proses dan sesuai surat Mendagri Masing-masing 3 orang," ujar Dominggus kepada Ambon Ekspres, Senin (09/05).

Ditanya siapa saja yang diusulkan oleh Gubernur melalui Karo Pemerintahan. Ia enggan menjawab. "Nanti saja" tandasnya.(WHB)

  • Bagikan