Sandiaga Uno Sebut Pasir Pantai Terhalus di Dunia ada di Maluku

  • Bagikan
Pantai Ngurbloat, Kabupaten maluku Tenggara
Pantai Ngurbloat, di Kabupaten maluku Tenggara, yang memiliki pasir terhalus di dunia. (Foto:malukutenggarakab.go.id)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Maluku punya destinasi wisata terbaik. Nasional juga mancanegara. Tak hanya Ora Beach, Ngilngof di Maluku Tenggara juga memiliki pasir pantai terhalus di dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam salah satu podcast, mengungkapkan, Pantai Ngilngof memiliki kehalusan pasir yang terbaik di dunia. Ini pernah dibandingkan dengan tepung.

“Saya sudah coba sendiri. Kita taruh pasir dan tepung. Hasilnya tidak bisa dibedakan sama sekali. Karena saking softnya. Jadi kalau kita jalan itu, seperti berjalan diatas tepung,” kata Sandiaga Uno.

Saat ini, kata Sandiaga, Pemerintah Maluku Tenggara, dan pelaku ekonomi kreatif disana sedang dibantu oleh Kementerian Pariwisata. “Mereka sedang kita bantu,” tandas Sandiaga.

Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara juga pernah berhasil meraih juara pertama, Kategori Desa Wisata Maju Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Desember tahun lalu.

Desa ini berhasil unggul dalam perolehan nilai tertinggi dalam lomba Kategori yang sangat bergengsi dengan standar Penilaian Yang cukup Tinggi.

Desa atau Ohoi Wisata Ngilngof, ada di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Untuk menuju desa ini, wisatawan bisa melalui jalur udara, juga laut. Jalur laut cukup lama. Menggunakan kapal PELNI, dibutuhkan waktu dua hari lebih.

Dengan menggunakan pesawat udara, dibutuhkan waktu dua jalan dari Ambon untuk sampai di Bandara Langgur atau Bandara Karel Sadsuitubun. Perjalanan dari Bandara menunju Desa Ngilngof, hanya sekitar 35 menit melalui jalur darat.

Di Desa Wisata Ngilngof, terdapat tiga pantai yang menawarkan keindahan yang luar biasa. Pantai Ngurbloat, Pantai Yenroa dan Pantai Ngilngof. Pantai Yenroa memiliki hutang mangrove yang sangat terawat.

Pantai Ngurbloat, seperti ditulis kompas.com, terkenal akan pasir putih terhalus di dunia, Danau Ablel dengan beragam ikannya untuk dipancing, hingga Gereja Santa Maria Ngilngof yang menghadap langsung ke Pantai Ngurfaruan, semua penuh pesona keindahan.(*/yan)

  • Bagikan