Balai Jalan Datangkan Jembatan Darurat Normalkan Akses Lintas Seram

  • Bagikan
Jembatan Kali Mala
Kondisi Jembatan Kali Mala,Maluku Tengah, yang rusak akibat hujan.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Wilayah Maluku, mendatangkan Jembatan Bailey atau jembatan darurat untuk mengatasi lumpuhnya akses jalan Lintas Seram.

Akses jalan Lintas Seram sempat lumpuh ambrolnya oprit Jembatan Mala, di Desa Sahulau, Kecamatan Teluk Elpaputi, Kabupaten Maluku tengah. Jembatan ini mengalami oprit yang amblas, pada Sabtu (16/07/2022) sekira pukul 20.30 Wit.

Akibatnya akses jalan lintas Seram yang menghubungkan tiga kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, dan Seram Bagian Timur terisolasi.

Wawan Talaohu, mengatakan Tim dari PPK 1.3 Provinsi Maluku Satker PJN Wilayah I Provinsi Maluku sejak malam hingga Minggu (17/07/2022) siang masih melakukan langkah tanggap darurat.

Menurut Wawan dari BPJN Maluku, pihaknya sudah mendatangkan jembatan bailey untuk dijadikan jalan darurat sementara, sambil melakukan proteksi dan perbaikan pada oprit jembatan tersebut.

“Setelah itu akan dilakukan penimbunan agar akses jalan dapat berjalan normal kembali. Langkah ini kami lakukan agar tidak menghalangi aktivitas masyarakat,” ungkap Wawan.

Lalu apa yang terjadi di jembatan Mala, Wawan menjelaskan, amblasnya oprit akibat curah hujan yang tinggi. Dampaknya, sungai Mala meluap dan mengikis oprit jembatan Wai Mala.

Akibatnya, roboh pasangan batu. Kemudian mengikis habis semua timbunan di badan jalan. Langkah tanggap darurat cepat sementara dilakukan oleh Tim,” ungkap Wawan.(yan)

  • Bagikan