Cuaca Buruk, 4 Hari Kapal dari Ambon tak Kunjung Tiba di Ternate

  • Bagikan
Kondisi dalam KM Barcelona
Para penumpang KM Barcelona dari Ambon yang tertahan di Pelabuhan Sanana, Malut, Sabtu (30/7/2022). (Foto: ISTIMEWA)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Akibat cuaca buruk Kapal Motor Barcelona I, dari Ambon tujuan akhir Manado, tertahan di Sanana, Kabupaten Sula, Maluku Utara. Para penumpang kini mengeluh, karena persediaan makan dan minum mulai menipis.

Kapal berpenumpang hampir 300 orang ini berangkat dari Pelabuhan Ambon, Selasa (26/7/2022). Dalam perjalanan menuju Manado, KM Barcelona menyinggahi Sanana lalu Ternate. Tiba di Sanana pada Rabu (27/7/2022) sekira pukul 09.00 Pagi.

Kepada ameks.fajar.co.id, salah satu penumpang via masanger facebook, mengungkapkan selama perjalanan dari Ambon menuju pelabuhan Sanana, cuaca baik. Laut tidak terlalu bergelombang hingga tiba di Sanana.

“Saat kapal mau berangkat, Nahkoda Kapal umumkan kalau belum bisa keluar pelabuhan. Ada larangan berlayar yang dikeluarkan otoritas di Ternate, Maluku Utara. Sampai saat ini larangan berlayar itu belum dicabut,” ungkap penumpang berinisal PV ini. Dia meminta namanya tidak ikut diberitakan.

Hingga Sabtu (30/7/2022) pagi kapal tersebut belum juga diijinkan untuk berlayar. Alasannya, gelombang di perairan menuju Ternate masih tinggi berkisar antara dua sampai tiga meter.

“Kami belum tau pasti. Dengar-dengar besok sudah bisa keluar. Tapi kan tergantung cuaca juga. Kami berharap, cuacanya bisa baik lagi, sehingga kapal bisa berlayar menuju Ternate,” ungkap dia.

Menurut dia sudah lima hari mereka tinggalkan Ambon. Namun belum juga tiba di tempat tujuan. Rencananya penumpang ini bersama keluarganya akan menuju Kota Manado, Sulawesi Utara.

Sementara persediaan makanan mereka sudah kian menipis. Dia tidak menampik kapal ada menyediakan makanan, namun ditakutkan akan juga menipis. Belum lagi persediaan air minum yang juga kian menipis.

“Saya tiap hari harus keluarkan uang Rp30 ribu untuk minum saja. Disini juga kasian banyak bayi, dan anak-anak kecil. Ada yang mulai sakit. Kita berharap, cuaca segera membaik, dan kapal bisa berlayar lagi,” harap dia.

Menurut dia, penumpang cukup banyak, karena ada lulusan anggota TNI-AD baru, yang akan menuju Ternate. Selain KM Barcelona, ada lagi beberapa kapal yang akan menuju Ternate, tertahan di Sanana.(yan)

  • Bagikan