Ada 11 Desa di Ambon Dana Desa-nya Ditahan

  • Bagikan
Kadis P3MD Kota Ambon, Meggy Martje Lekatompessy
Kadis P3MD Kota Ambon, Meggy Martje Lekatompessy

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID ,FAJAR.CO.ID.- Belasan desa di Kota Ambon belum bisa menerima dana desa tahap kedua. Pasalnya hingga kini desa-desa itu belum juga melaporkan secara tertulis realisasi penggunaan DD tahap I.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa (DP3MD) Kota Ambon, Meggy Martje Lekatompessy. Meski demikian, Pemerintah tetap mendorong 11 desa yang belum memasukoan laporan untuk segera menuntaskannya.

"Sampai dengan akhir Juli kemarin penyaluran Dana Desa ke rekening Kas desa atau negeri itu sudah dilakukan, Penyaluran ini (DD-red) tahap kedua ke Rekening desa saat ini memang baru 19 desa dan negeri, yang belum itu ada sekitar 11 desa dan negeri,"jelas dia, kepada media ini, kemarin.

Menurutnya, untuk penyaluran tahap II ini masih tinggal belasan desa yang belum disalurkan hal itu disebabkan karena pihaknya belum menerima laporan realisasi ADD dan DD tahap I.

"Kami memang sedang mendorong 11 desa dan negeri yang belum menerima DD tahap II, untuk segera mereka terima, dengan catatan segera memasukan laporan realisasi tahap I itu,"kata dia.

Mantan Camat Sirimau ini menegaskan, batas akhir penyaluran Dana Desa tahap kedua itu per-tanggal 24 Agustus mendatang.

"Setiap saat memang kita selalu informasi kan kepada desa negeri yang lain terutama secara administrasi belum lengkap untuk segara dan kita berharap seluruhnya bisa di transfer dalam batas waktu yang di tentukan,"imbuhnya.

Diakui, 11 desa dan negeri yang belum menerima transperan DD tahap II itu mayoritas berada di Kecamatan Leitimur Selatan.

"Kecamatan Leitimur Selatan, yang paling tinggi angkanya. Leitimur Selatan itu dari 8 negeri itu, baru dua negeri saja yang terima 6 negeri belum,"bebernya.

Kemudian lanjut Lekatompessy, ada juga sejumlah desa dan negeri di Kecamatan Nusaniwe dan Teluk Ambon.

"Kecamatan Nusaniwe, 1 desa atau negeri, kemudian Kecamatan Baguala kurang 2 lagi, dan lalu di Teluk Ambon, tinggal 1 yang belum. Sementara untuk kecamatan Sirimau, semua desa dan negeri untuk DD tahap II ini sudah terima,"pungkasnya. (ARH)

  • Bagikan