Ini Enam Calon Komisioner Bawaslu Maluku Lolos Seleksi Daerah

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Enam nama calon Komisioner Badan pengawas Pemilihan umum atau Bawaslu yang lolos seleksi tingkat Provinsi Maluku, sudah ditetapkan panitia. Dari keenam ini, minus keterwakilan Perempuan.

Keenam nama itu, adalah Daim Bhaco Rahawarin, Amadin Lausepa, Stevin Melay, Paulus Titaley, Subair, Moh Sofyan S Rahayaan. Keenam nama ini dinyatakan lolos test kesehatan dan wawancara tingkat panifia seleksi daerah.

Salah satu Pansel yang dihubungi ameks.fajar.co.id, Rusdi Abidin, Selasa (2/8/2022), mengungkapkan keenam nama hasil seleksi ini akan dikirim ke Bawaslu pusat untuk diproses lebih lanjut.

“Jadi kita sudah penetapan calon Bawaslu Maluku yang lolos untuk dmiproses lebih lanjut. Penetapan tadi. Nama-namanya nanti kita kirim ke Bawaslu pusat,” ungkap dia.

Menurut Rusdi Abidin, proses seleksi di tingkat daerah, sudah dilakukan dengan sangat profesional, mengikuti mekanisme, termasuk penguasaan terhadap materi. Karena itu, mereka yang lolos, itulah yang benar-benar melalui proses.

Keenam calon anggota Bawaslu Maluku ini akan mengikuti lagi tahapan fit and proper test di Bawaslu Pusat. Test itu dilakukan untuk menetapkan tiga nama Anggota Bawaslu. Pasalnya dua anggota Bawaslu Maluku masih akan menyelesaikan masa kerjanya satu tahun lagi.

Dua anggota Bawaslu Maluku yang akan menyelesaikan masa kerja satu tahun lagi, adalah Subair, dan Thomas Wakano. Sementara tiga Komisioner terpilih akan menjabat dari 2022 hingga 2027 mendatang.

Terhadap hasil seleksi kesehatan dan wawancara, Bawaslu membuka kesempatan kepada publik untuk memberikan tanggapan terhadap mereka yang dinyatakan lolos. Tanggapan dikirimkan langsung ke Bawaslu.(yan)

  • Bagikan