Pemkot Ambon Angkut 144 Ton Sampah di Arbes Dalam Sehari

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID FAJAR.CO.ID.- Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, kembali membersihkan dan mengangkut, ratusan ton sampah yang berada dikawasan Airbesar (Arbes) Batumerah. Tumpukan sampah itu diangkut selama dua hari.

Sekretaris DLHP Kota Ambon, Hairun Tunny mengatakan, pihaknya kembali melakukan pembersihan terhadap tumpukkan sampah yang ada di tempat penampungan sementara yang ada dikawasan tersebut.


"Sesuai perintah dari pak Penjabat Wali Kota, maka kemarin (Rabu 10/8/2022) dan hari ini kita kembali melakukan pembersihan terhadap tumpukan yang ada dikawasan Air besar ini, " kata dia, kepada media ini disela-sela pembersihan tumpukan sampah tersebut, Kamis (10/8).

Menurut dia, pihaknya akan mengupayakan agar tumpukan sampah yang ada di air besar ini bisa diangkut dan dibersihkan hingga Kamis sore.


"Kita akan memaksimalkan kekuatan yang kita miliki untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada ini, "tegasnya.

Dinas Kebersihan ini, mengarahkan seluruh petugas dan armada untuk membersihkan tumpukan sampah dikawasan tersebut.


" Rabu kemarin, kita libatkan 15 unit dam truk dan 4 unit amrol pengangkut, dengan jumlah sampah yang berhasil diangkut itu sekitar 144 ton, terdiri dari 1 unit dam truk mengangkut sampah 8 ton, dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah dengan 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,"paparnya.

Sedangkan untuk hari ini lanjut dia, pihaknya mengarahkan 15 mobil dam truk dan 4 amrol, untuk membersihkan seluruh tumpukkan sampah tersebut.


"Yang pasti kita upayakan untuk tumpukan sampah ini harus bersih. Volume sampah sisa ini lebih banyak dari kemarin, " terangnya.

Usai dari daerah Arbes, kata dia, pihaknya akan membersihkan sampah yang ada dikawasan Kate-kate, maupun beberapa daerah lain yang ada di Kota Ambon.


"Setalah ini kita akan lanjut mengangkut tumpukan sampah di daerah Kate-kate dan beberapa daerah lain juga, " tandasnya.

Pengangkutan sampah di Arbes ini juga di kawal oleh Kadis PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo dan Kasat Pol Pp Kota Ambon, Josias Lopies.


"Kedua pejabat ini kawal kita sejak kemarin hingga saat ini, " pungkasnya. (ARH).

  • Bagikan