Dua Hari Pemkot Ambon Angkat 228 Ton Sampah di Teluk Ambon

  • Bagikan
Petugas pengangkut Sampah Kota Ambon
Petugas kebersihan dari DLHP Kota Ambon, mengangkut sampah dikawasan Ahuru. Foto ini diambil beberapa waktu lalu. (Ars Hehanussa/AmeksOnline).

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID FAJAR.CO. ID. - Dua hari Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, mengangkut ratusan ton sampah dari 5 titik di wilayah Kecamatan Teluk Ambon.

Kadis LHP Kota Ambon, Alfredo Hehamahua mengungkapkan, ratusan ton sampah yang diangkut oleh pihaknya yakni berada dilima titik di kecamatan Teluk Ambon.


"Yang kita angkut dari kecamatan Teluk Ambon itu, diantaranya Rumahtiga 3 titik, Poka 1 titik, Kate-kate tepatnya didepan Indogrosir 1 titik. Hasilnya 228 ton sampah yang kita angkut kemarin, " kata dia, kepada ameks.fajar.co.id di kantornya, Selasa (16/8).

Menurutnya, untuk mengangkut sampah di empat titik di kecamatan tersebut, pihaknya melibatkan sejumlah armada yang dimiliki oleh DLHP.


"Yang kita turunkan itu 15 dam truck, dan 4 amrol, dengan jumlah dam truk 32 ret, dan amrol 9 ret. 1 unit dam truk itu daya angkutnya 5 hingga 6 ton, sedangkan amrol itu 3 hingga 4 ton,. Nah mereka ini bolak balik sehingga totalnya 228 ton sampah yang diangkut, " jelasnya.

Dikatakan, tumpukan sampah yang diangkut dari 4 titik tersebut merupakan sampah yang sudah lebih dari beberapa hari.


"Jadi ini akibat dari minimnya kesadaran masyarakat sehingga terjadinya tumpukan sampah tersebut. Masyarakat buang sampah tidak pada waktunya sehingga terjadi hal semacam itu," paparnya.

Hehamahua berharap, ada kerjasama antara masyarakat dengan Pemerintah guna menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya tumpukan sampah tersebut.


"Mari kita kerjasama dengan baik terutama buang sampah tepat pada waktu yang telah ditentukan. Pemerintah tidak akan mungkin bekerja secara sendiri tanpa ada dukungan dan partisipasi masyarakat, "tandasnya. (ARH).

  • Bagikan