Seharian Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Masohi Kembali Terendam Banjir

  • Bagikan
Pengerukan Selokan
Pengerukan Selokan di Kota Masohi akibat banjir.

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Terus diguyur hujan lebat, puluhan rumah dan ruas jalan di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, dan sekitarnya kembali digenangi air, Sabtu (27/8).

Rumah warga dan fasilitas umum terendam banjir. Hal ini terjadi dibeberapa titik di kota Masohi. Seperti di Kampung Kodok, Kelurahan Ampera, serta puluhan rumah di Negeri Haruru Kecamatan Amahai, Maluku Tengah.

Menurut beberapa warga, banjir yang merendam rumah warga ini terjadi sejak Jumat sore, setelah hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur Maluku Tengah.

"Hujan terus ini, Katong (kami) punya rumah ini sudah dari sore terendam air," ungkap Azis salah warga Amahai II, Sabtu (27/8).

Kejadian serupa sering terjadi ketika musim hujan telah tiba. Karena lokasi yang ditinggali, merupakan dataran rendah. Sudah beberapa kali mereka keluhkan untuk drainase diperbaiki pemerintah setempat, namun hal itu belum kunjung mendapat respon.

"Katong (kami) sudah usulkan supaya ada drainase, biar bisa kasih lancar saluran air ini," jelasnya. Akibat dari banjir tersebut, aktivitas keseharian warga menjadi terganggu.

Salah warga, harus rela meminta izin untuk tidak pergi ke sekolah karena rumahnya digenangi air. "Harus izin kalau seng (tidak) rumah ini sapa mau manyimpang akang," kata Santi, yang juga menjadi guru disalah satu sekolah dikota Masohi itu.

Satu mobil eksavator mini dikerahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk membersihkan drainase (got) didepan Kantor Kelurahan Namaelo, yang airnya selalu menggenangi ruas jalan tersebut.

Sampai saat ini banjir yang merendam sejumlah rumah dan beberapa ruas jalan di kota Masohi mulai kembali surut. Namun hujan masih terus mengguyur Maluku Tengah dan sekitarnya. (DW)

  • Bagikan