Berawal dari Saling Ejek di Medsos, 2 Kelompok Pemuda Terlibat Tauran

  • Bagikan
Tauran antar pemuda di masohi
Tauran antar kelompok pemuda di Sepa, Amahai, Maluku Tengah. (Foto: Djen)

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID,- Tauran antar pemuda mulai sering terjadi di Kota Masohi, Maluku Tengah. Dua kelompok pemuda di Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, saling serang.

Perkelahian antar pemuda ini bikin warga Sepa resah. Sudah beberapa hari terakhir insiden ini terjadi berulang. Keonaran dibuat kelompok pemuda. Belum ditahu akar masalah tauran ini.

Warga menduga insiden ini terjadi karena urusan sepele atau saling ejek di media sosial antar beberapa kelompok tersebut.

Insiden ini dibenarkan ketua RT.05 Komplek Hubulwatan, Negeri Sepa, Alwi Alkatiri kepada Ambon Ekspres. Perkelahian itu, sudah meresahkan warga. Mereka berharap ada tindakan tegas.

Sebab bukan hanya suara keributan, namun sering lemparan batu. Batu ini jatuh diatap rumah membuat warga setempat tidak bisa istirahat. Konflik pemuda itu sering terjadi pukul 01.00 WIT atau 02.00 WIT (larut malam).

"Ini sudah kesekian kali, Katong (kami) tidak bisa tidur, apalagi kejadian ini sering terjadi di sekitaran kompleks Hubulwatan," ungkapnya, Senin (12/9).

Menurut Alkatiri, Organisasi Kepemudaan Negeri maupun pemerintahan negeri harus dapat mengatasi hal demikian. Bukan hanya meresahkan masyarakat saja, namun kondisi demikian jika tidak segera diatasi akan menjadi kebiasaan tidak baik.

Ozhan Sopalatu pemuda Negeri Sepa, menyebutkan kalau pertengkaran antar pemuda bukanlah sesuatu yang baru. Hal itu sering terjadi akan tetapi jangan di anggap biasa saja.

"Kalau begini terus yakin pasti, kehidupan yang rukun akan lenyap," jelasnya. Ia berharap agar kondisi demikian segera diatasi oleh pemangku kepentingan kalau tidak segera ditindaklanjuti oleh Polsek setempat.

"Kalau tidak pihak kepolisian harus melakukan patroli pengamanan diwaktu malam di tiap-tiap negeri, untuk menjaga Katimbam (Keamanan dan ketertiban masyarakat). (DW).

  • Bagikan