Ratusan Karateka Bertarung di Piala Walikota

  • Bagikan

AMEKS. FAJAR. CO. ID, -Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena membuka secara resmi Kejuaraan Karate Piala Walikota musim 2022 di Sport Hall, Karang Panjang, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (21/9).

 Wattimena mengapresiasi kejuaraan tersebut dan mengharapkan kegiatannya dapat menjadi kalender tahunan Forki Kota Ambon.

 "Pemkot pasti akan mendukung kegiatan olahraga prestasi seperti ini, " ungkapnya saat membuka event tersebut.
Dikatakan, dengan adanya event ini, sudah tentu membangkitan perekonomian dan juga untuk mempersiapkan lahir atlet-atlet yang bisa membagakan Kota Ambon dan tingkat Maluku, Nasional, dan Internasional.

"Ini ajang seleksi yang tepat untuk menyaring atlet kota ini menuju event Popmal mendatang, " tutur dia.

Pada kesempatan itu, Wattimena pun mengingatkan kepada wasit juri agar tetap melaksanakan tugas dengan baik.

"Marwah kejuaraan ini akan tercoreng jika wasit juri berpihak kepada atlet dari kejuaraan tertentu. Olehnya itu, mereka harus bertugas secara adil, " pintanya.

Khusus kepada atlet, Wattimena juga berpesan agar bertandinglah secara sportiv.

"Jangan gunakan cara-cara kota untuk meraih kemenangan. Itu namanya tidak sportiv, jadi bertandinglah dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai fair play, " tutup Wattimena.

Sementara itu, Agus Ririmase, Ketum Forki Kota Ambon menjelaskan, kejuaraan ini berlangsung selama dua hari, yakni dimulai hari ini dam berakhir besok.

"Ada 107 karateka yang bertarung di event ini. Mereka akang bermain di kelas kumite dan KATA," jelasnya.
 
Lanjut Agus, bagi atlet yang meraih juara di ajang ini akan mewakili Kota Ambon di Popmal nanti.

"Kami akan rekrut juara 1 dan 2. Untuk juara 3, kami jadikan sebagai cadangan apabila ada atlet yang cedera atau performa mereka memurun. Tapi, semua akan tetap melakoni TC selama dua bulan," katanya.

Dikatakan, ajang yang digelar ini, sebagai bentuk keseriusan kami dalam meningkatkan prestasi cabor karate di Kota Ambon.

 "Kejuaraan ini juga dilaksanakan berdasarkan niat tulus ingin membangun generasi muda unggul dan berprestasi. Sehingga lahir ide-ide hingga kolaborasi karena memiliki kerinduan yang sama, yakni mewujudkan prestasi di kota bertajuk manise ini, " demikian Agus. (CAL)

  • Bagikan