Pemkot Ambon Acuh, Warga Pilih Swadaya Perbaiki Jalan

  • Bagikan
Perbaikan jalan Gunung Malintang
Warga lakukan Perbaikan jalan Gunung Malintang, Minggu (25/9/2022). (Foto: Elias Rumain)

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Lama menunggu penanganan Pemerintah Kota Ambon, warga memilih swadaya untuk memperbaiki kerusakan jalan di kawasan Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau. Kerusakan jalan itu sudah cukup parah, dan membahayakan.

Kondisi kerusakan jalan di wilayah itu, disebut juga sudah dikordinasikan dengan Pemkot. Namun terkesan Pemkot Ambon lambat menyikapi. Dan akhirnya warga berinisiatif memperbaiki kerusakan yang terjadi di atas badan jalan.

Padahal, ruas jalan itu merupakan jalan utama dan alternatif di bawa kewenangan Pemkot Ambon. Jalan itu menghubungkan wilayah Kebun Cengkeh, Kanawa, Stain, Ahuru, dan juga Karang Panjang (Karpan).

Ketika terjadi kemacetan di ruas jalan utama Jenderal Sudirman maupun Kebun Cengkeh, ruas itu selalu menjadi alternatif untuk menghindari kedacetan parah.

Salah satu tokoh masyarakat Gunung Malintang kepada ameks.fajar.co.id menya,paikan, kondisi kerusakan jalan itu sebelumnya sudah disampaiakan ke Pemkot Ambon lewat dinas terkait.

Namun direspon dengan dalih terjadi refocusing anggaran." Kita sudah sampaikan lewat Bina Marga Dinas PUPR, tapi disampaikan ada refocusing anggaran. Seharusnya Pemkot juga tanggap darurat jalan ini," kata M. Rany Tualeka.

Disebut refocusing, kata dia, bukan berarti tidak ada anggaran cadangan untuk mengantisipasi ketika terjadi kerusakan di atas badan jalan utama.

"Tidak ada anggaran bukan berarti hal-hal seperti ini tidak bisa diantisipasi. Harusnya ada anggaran cadangan untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kerusakan di atas jalan utama," kata dia.

Dia menyarankan agar pemkot jelih dalam melihat ini. Karena merupakan jalan utama dan sebagai alternatif menghubungkan wilayah Kebun Cengkeh, Kanawa, Stain, Ahuru, dan juga Karang Panjang (Karpan) ketika terjadi kemacetan.

"Ini jalan utama, jalan alternatif ketika terjadi macet di Kebun Cengkeh misalnya atau di Jenderal Sudirman. Pemkot harus jelih melihat ini," ungkapnya.

Karena itulah, kata dia, warga berinisiatif untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di atas badan jalan. "Sehingga hari ini (Minggu-red) warga swaday perbaiki kerusakan jalan, dengan harapan Pemkot juga ada perhatian kondisi ini," harapnya.(ERM).

  • Bagikan