Damai di Elat-Ngutru Pakai Sasi Adat, Kapolda Maluku Bilang Begini

  • Bagikan
Bupati Malra, Taher Hanubun
Bupati Malra, Taher Hanubun

Malra, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah desa bertikai di Kei Besar, Maluku Tenggara, Elat dan Ngutru sepakat berdamai. Perdamaian diikrarkan selamanya, dalam ritual sasi adat dengan sejumlah sangsi sebagai syaratnya.

Elat dan sejumlah desa di Kei Besar yang disebut Ngutru, Ohoi Ngurdu, Soinrat, Bombai, Watsin, Ngat dan Sirbante berkonflik sejak Oktober hingga November 2022. Korban berjatuhan, rumah banyak terbakar, hingga fasilitas pendidikan ikut dibakar.

Kesepakatan perdamaian itu dilaksanakan dengan cara menggelar doa bersama yang dipimpin oleh tiga tokoh agama Islam, Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Bahkan kedua warga bertikai ini melakukan pemasangan hawear atau sasi adat perdamaian.

Doa bersama dan pemasangan sasi perdamaian dilakukan oleh tim dewan adat Kepulauan Kei. Kegiatan itu berlangsung di dua tempat berbeda, yaitu di Ohoi Elat dan Ohoi Erlarang Ratshap UB Ohoi Faak, Kecamatan Kei Besar, Malra, Sabtu (17/12/2022).

Hadir dalam proses perdamaian itu, Bupati Malra Thaher Hanubun, Kapolres Malra AKBP Frans Duma, Dandim 1503 Tual Letkol Inf Arfah Yudah Prasetya, Danlanal Kolonel Laut Indra Darma, Danlanud Letkol Pnb Ruli Surya.

Hadir pula Ketua MUI Maluku, Dr. Abdullah Latuapo, M.Ag, Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra, Ketua Klasis Kei Kecil, dan Para Dewan Adat Kepulauan Kei atau para Raja-raja Kepulauan Kei (Ursiu-Lorlim) serta Kepala Ohoi Kei Besar, maupun Tokoh agama seluruh Kepulauan Kei (Imam, Pastor dan Pendeta), dan Forkopimda Kabupaten Malra.

Doa bersama dan pemasangan sasi adat tersebut dibuka oleh Bupati Malra M.Thaher Hanubun yang dilaksanakan di Gedung Putih Ohoi Elat. Kegiatan dimulai sejak pukul 15.40 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Bupati dalam sambutanya, mengaku doa bersama dan pemasangan sasi adat ini dilakukan untuk menghentikan pertikaian antara warga Ohoi Elat dengan Hoar Ngutru.

"Siapa saja yang merasa bahwa dia anak Negeri ini ketika sumpah adat ini dilakukan dan dilanggar biarkanlah sampai matahari tenggelam dan membawa dia dan keluarganya," tegas Hanubun.

Ia mengaku pemasangan sasi adat ini bukanlah sasi batas tanah. Namun sasi adat perdamaian yang dibuat oleh Raja agar jangan ada lagi perkelahian atau pertikaian.

"Sasi ini akan dipasang di dua tempat, secara resmi. Diantaranya dipasang di Ngurmas Yamlim, dan satunya lagi di Erlarang dan acara adat ini tidak boleh sampai matahari tenggalam," ujarnya.

Setelah pembukaan, kegiatan doa bersama dan pemasangan sasi adat mulau digelar di Lapangan Ngurmas Yamlim Elat. Ritual pemasangan adat dipimpin oleh Raja Faan Patrisius Renwarin (Sekretaris Dewan Adat Kepulauan Kei).

Pemasangan sasi adat kedua kembali dipasang di Kampung Raja Erlarang Ub Ohoi Faak. Hingga pukul 18.00 WIT, kegiatan doa bersama dan pemasangan sasi adat perdamaian berakhir.

Dengan diikatnya sasi adat tersebut, maka siapa yang melanggar janji atau kembali berkonflik akan mendapat sangsi adat berupa denda harta sesuai pelanggarannya.

Tidak hanya itu, dalam sasi tersebut juga memperingatkan bagi setiap warga, apabila melanggar sumpah adat maka yang bersangkutan akan ditimpa sakit, musibah/bencana bahkan meninggal dunia.

Selain itu, apabila ada warga yang melanggar sumpah adat tersebut, maka yang bersangkutan akan berhadapan dengan seluruh masyarakat Kei.

Untuk diketahui, penyidik Polres Malra yang diback up oleh Polda Maluku hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan terhadap pelaku-pelaku konflik di sana. Dan sampai saat ini aparat Polres Malra telah berhasil menangkap sebanyak 5 orang terduga pelaku bentrok dari kedua warga bertikai.

Terpisah, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan sidang adat yang digelar oleh seluruh lapisan masyarakat.

Irjen Latif berharap dengan adanya perdamaian adat tersebut, maka tidak ada lagi pertikaian di antara kedua negeri secara khusus dan seluruh masyarakat di sana secara umumnya.

Masyarakat diminta agar jangan ada lagi konflik dan pertikaian yang akan menyebabkan jatuhnya korban jiwa, maupun korban harta benda.

"Daerah lain sudah maju membangun untuk kesejahteraan, sementara kita di sini masih sibuk berkelahi antar sesama, hentikan sudah pertikaian. Mari kita hidup secara aman, damai dan sejahtera," pintanya.

Maluku, kata Kapolda, merupakan daerah yang kuat dan akan maju sejahtera apabila masyarakatnya tetap bersatu, menjunjung tinggi budaya pela gandong.

"Maluku ini hebat dan kuat kalau masyarakatnya bersatu, wujudkan pela gandong untuk menjaga kehidupan antar sesama, saling menghormati dan mengasihi," katanya.

Irjen Latif juga meminta masyarakat agar dapat menyelesaikan setiap persoalan menggunakan pikiran jernih, hati yang dingin, dan tidak menggunakan kekerasan.

"Selesaikan setiap persoalan dengan cara-cara damai tanpa perlu kekerasan yang hanya membawa stigma buruk bagi Maluku," ajaknya.(ARH)

  • Bagikan