Karel, Andreas, dan AT ‘Pakai’ NasDem, Siapa Pemenang Satu Kursi di DPR?

  • Bagikan
Pilgub Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Perebutan 4 kursi jatah Maluku di DPR RI, akan ketat di Pemilu 2024. Sejumlah nama besar di pentas politik lokal muncul. Andreas Rentanubun, Karel Ralahalu, Abdullah Tuasikal (AT), Mercy Barends, Saadiah Uluputty, Hendrik Lewarissa, hampir dipastikan masuk bursa caleg DPR RI.

Karena itu, sulit untuk petahana mulus kembali duduk di kursi DPR RI. Pada Pemilu 2019, Abdullah Tuasikal, Mercy Barends, Saadiah Uluputty, dan Hendrik Lewarissa terpilih mengisi empat kursi milik Maluku di DPR RI.

NasDem kali ini menurunkan kader-kader terbaiknya untuk bertarung di internal maupun bertarung dengan kader partai lain mempertahankan satu kursi ‘milik’ mereka yang kini masih diduduki Abdullah Tuasikal.

Beredar nama Karel Ralahalu, Andreas Rentanubun, Abdullah Tuasikal, dan Rosita Usman akan masuk dalam daftar Caleg NasDem. Karel mantan Ketua DPD PDIP Maluku, Andreas mantan Bupati Maluku Tenggara dua periode dan pernah bertarung di Pemilihan Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018 lalu.

Abdullah Tuasikal kini menjabat anggota DPR RI, dua kali menjadi Bupati Maluku Tengah, dan Rosita Usman, srikandi NasDem yang sudah dua kali bertarung untuk merebut kursi DPR RI.

Andreas, mantan Bupati Maluku Tenggara dua periode itu telah mendaftar di DPD Partai Nasdem Maluku Tenggara sebagai bakal calon anggota DPR.

“Betul. Saya sudah mendaftar di Nasdem kabupaten (Maluku Tenggara) untuk kursi DPR RI,”kata Andreas saat dikonfirmasi Ambon Ekspres via telepon, Selasa (17/1).

Andreas masih irit bicara soal persaingan internal dan peluangnya meraih satu kursi di Senayan. Tetapi dia optimis, Nasdem tetap memperoleh kursi DPR dari Maluku.

“Kita kerja untuk partai dapat satu kursi. Nanti di internal tergantung siapa yang punya suara terbanyak, ya dia dapat. Jadi, kita kerja saja,”imbuh
Ketua DPD Partai Nasdem Maluku Tenggara, itu.

Sementara itu, Karel telah menyiapkan persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPR. Namun, belum dipastikan kapan mantan gubernur Maluku dua periode mendaftar secara resmi di Nasdem.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Maluku, Hamdani Laturua mengatakan penjaringan bakal calon anggota legislatif Pemilu 2024 sedang berjalan di DPD Nasdem Se-Maluku. Hingga saat ini, ia belum mengecek nama-nama yang telah mendaftarkan diri, baik untuk DPR, DPRD provinsi maupn DPRD Kabupaten/Kota.

Namun, advokat senior itu mengaku, sejumlah tokoh termasuk Karel diinformasikan akan bertarung merebut kursi DPR lewat Nasdem. “Informasinya seperti itu. Kemungkinan beliau mendaftar di Jakarta,”kata via telepon, Rabu (18/1).

Selain Abdullah Tuasikal, Andreas Rentanubun, dan Karel Ralahalu, Nasdem juga dilirik beberapa tokoh lainnya. Dengan komposisi bakal calon seperti ini, Hamdani sangat yakin partainya tetap mempertahankan satu kursi yang diperoleh pada pemilu 2019.

“Ada tokoh perempuan juga yang akan maju lewat Nasdem. Karena itu, tentu kita optimis memperoleh suara lebih banyak lagi sehingga tetap mempertahkan kursi,”pungkasnya.

Diketahui, komposisi calon anggota DPR Nasdem pada pemilu 2019 sangat potensial, yaitu Abdullah Tuasikal, Rosita Usman, Victor Loupatty, dan Ros Far Far. Tuasikal keluar sebagai pemenang setelah berhasil mengumpulkan 51.827 suara. (TAB)

  • Bagikan