Enam Tahun Curi HP, Pria Ini Berhasil Kumpul 255 Handphone

  • Bagikan
pencuri hp di ambon
Tersangka Pencuri HP. (Foto: Humas Polda Maluku)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Enam tahun beroperasi di Kota Ambon, JS (42) spesialis pencuri handphone akhirnya ditangkap. Dalam enam tahun dia berhasil mencuri 255 handphone milik warga.

JS ditangkap Tim Resmob Ditreskrimum Polda Maluku. Pria ini ditangkap di kawasan tempat tinggalnya, Batu Meja, Kota Ambon, Rabu (15/2/2023).

JS kini sudah mendekam di rumah tahanan Polda Maluku. Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Mohamad Roem Ohoirat, mengungkapkan JS ditangkap setelah tim Resmob melakukan penyelidikan terhadap laporan pengaduan yang disampaikan HT, korban pencurian.

Satu unit HP korban dicuri di daerah Galunggung, desa Batu Merah. "Berdasarkan informasi dari korban bahwa Pelaku ada di daerah Batu Meja, kemudian piket unit Resmob melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku JS," kata Ohoirat, Kamis (16/2).
 
Ohoirat mengaku JS diamankan tanpa perlawanan. Dari tangannya, tim berhasil mengamankan barang bukti 1 unit HP Samsung Galaxy A51, dan 1 Unit Sepeda Motor Yamaha Fino dengan nomor polisi DE 2205 NL.
 
"Motor yang diamankan ini diduga dipakai pelaku untuk melakukan aksi pencurian selama ini," ungkapnya.
 
Berdasarkan hasil interogasi, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian HP orang di kota Ambon sejak tahun 2016. Selama itu, dirinya telah berhasil mencuri sebanyak 255 unit HP.
 
"Dan di Tahun 2023 ini saja, pelaku telah melakukan pencurian HP sebanyak 13 unit," jelasnya.
 
Hasil pencurian tersebut, kata Ohoirat, kemudian dijual kepada 3 orang pedagang HP. Diantaranya JLR (28), VCY (32), dan seorang wanita YW (21). Mereka juga telah dimintai keterangannya sebagai saksi.
 
"Dari tangan para saksi juga sudah diamankan 4 unit HP hasil pencurian pelaku yang telah dijual, yaitu masing-masing merk Realme C33, Oppo A16, Oppo A55, dan Vivo Y16. Pelaku dan barang bukti telah diamankan dan sementara dikembangkan guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut," pungkasnya.(ERM)

  • Bagikan