DPRD Buru Usul 3 Calon Penjabat Bupati, Djalaludin Salampessy Termasuk

  • Bagikan
penjabat bupati buru
Ketua DPRD Buru, M. Rum Soplestuny.

Namlea, AMEKS.FAJAR.CO.ID - DPRD Buru menetapkan tiga nama calon pejabat Bupati Buru. Penetapan ini dilakukan dalam rapat Paripurna yang digelar di ruang rapat kantor Bupati Buru, Selasa (4/4/2023).

Adapun ketiga nama yang diusulkan oleh fraksi-fraksi di DPRD Buru, yaitu Penjabat Bupati Buru Djalaluddin Salampessy, Sekertaris Daerah (Sekda) Buru M. Ilyas Hamid dan Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Buru Sugeng Widodo.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Buru, M. Rum Soplestuny, Selasa (4/4/2023). Usulan bakal calon ini, sehubungan dengan masa jabatan pejabat Bupati Buru yang mendekati akhir jabatan pada pertengahan tahun 2023 ini.

“Dalam rapat itu kami mengusulkan tiga nama, masing-masing Djalaluddin Salampessy, yang merupakan Penjabat sekarang, kemudian, M. Ilyas Hamid selaku sekertaris daerah dan Sugeng Widodo,” ungkap Rum Soplestuny.

Ketiga nama itu lanjut Rum, telah disepakati bersama oleh seluruh anggota DPRD Buru, dan secepatnya dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dievaluasi, diuji baru diputuskan.

Selanjutnya, dari nama yang diusulkan, sudah melalui tahapan evaluasi dan hasil diskusi bersama unsur pimpinan DPRD dan anggota. Awalnya mereka menetapkan lima nama sebagai bakal calon penjabat Bupati Buru.

Sepenuhnya usulan siapa penjabat Bupati Buru akan dikembalikan kepada putusan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. “Pengiriman berkas usulan nama ini Paling lambat tanggal 6 April 2023, sudah harus masuk ke Kemendagri,” singkatnya

Diketahui, rapat tersebut digelar kurang lebih 2 jam mulai pukul 16.00 WIT hingga pukul 17:00 WIT. Rapat yang digelar tertutup itu dihadiri 25 anggota DPRD dari perwakilan masing-masing fraksi. (YS)

  • Bagikan