Kebakaran di Silale, Pemukiman Padat Penduduk

  • Bagikan
kebakaran di silale, ambon
Petugas pemadam dibantu warga dan anggota TNI memadamkan api di Silale. (Foto: ameks)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Silale, RT 002/RW04, Kelurahan Silale, pada Selasa (18/4/2023) sekira pukul 12.30 WIT. Sekitar tiga rumah milik warga terbakar pada bagian dalamnya.

Belum diketahui kerugian yang dialami pemilik rumah. Namun diantara tiga rumah itu, ada kos-kosan yang cukup besar. Tiga rumah itu berlantai dua. Sebagian bangunannya terdiri dari papan kayu.

Struktur bangunan yang didominasi papan kayu ini, menjadi salah satu penyebab api menjalar begitu cepat. Dalam beberapa menit saja, isi tiga rumah itu sudah hangus terbakar.

Puluhan warga di RT002/RW04 bergerak cepat memadamkan api. Mereka menggunakan ember, dan berharap air dari sumur. Upaya warga ini bisa sedikit membantu memadamkan api.

Tak lama kemudian datang tiga unit Damkar atau mobil kebakaran milik Pemerintah Kota Ambon. Sempitnya jalan masuk membuat upaya pemadaman sedikit terhambat.

Satu Damkar selesai memadamkan api, baru satu lagi bisa masuk. Demikian seterusnya. Petugas dibantu anggota TNI dan Polri, dan warga. Berkat kerja keras mereka, api berhasil dipadamkan.

Api tidak sampai menjalar ke rumah lainnya. Di Tempat kejadian perkara, rumah itu saling berdempetan. Ada yang semi permanen, ini membuat warga khawatir.

Warga kemudian lari menyelamatkan surat-surat penting. Demikian juga penghuni kos-kosan yang terbakar. Mereka keluar dengan pakaian seadanya, sambil memegang surat-surat penting.

“Sekitar ada tiga rumah. Itu rumah milik sepupu saya. Satunya lagi itu kos-kosan,” kata Rifai, warga sekitar. Dia belum mengetahui sumber api.

Api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 13.15 WIT. Namun untuk memastikan tidak ada lagi titik api, petugas pemadam, dibantu warga dan TNI terus menyemprotkan air di lokasi tempat kejadian.(yan)

  • Bagikan