Ratusan Warga Wakal Gelar Sholat Id Hari ini

  • Bagikan
Leihitu
Warga Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (20/4/2023) menggelar Sholat Idul Fitri. (Foto: Tangkapan Layar)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Ratusan warga negeri Wakal, Kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah, Kamis (20/4/2023). Mereka lebih awal menggelar lebaran.

Di Kecamatan Leihitu, yang mayoritas warganya Muslim, hanya baru Negeri Wakal menggelar Idul Fitri pada Kamis (20/4/2023). Warga Negeri Wakal, sejak pagi sudah berbondong-bondong menuju mesjid.

Tak hanya mereka yang menetap di Negeri Wakal, warga Wakal yang tinggal di Kota Ambon maupun daerah lain, juga sudah mudik lebih awal untuk merayakan Lebaran pada Kamis (20/4/2023).

“Kita berlebaran lebih dulu. Selamat Idul Fitri bagi masyarakat yang lebih awal merayakan, dan juga kepada masyarakat muslim yang nanti merayakan di hari berikutnya,” kata anggota DPRD Maluku, Halimun Sahulatu yang hari ini mulai berlebaran.

Sementara pada besok harinya, ada beberapa negeri di kecamatan Leihitu juga akan menggelar Sholat Id. Selain di Kecamatan Leihitu, sejumlah desa di Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Seram Bagian Barat juga akan menggelar Sholat Id, pada Jumat (21/4/2023).

Secara nasional Muhammadiyah telah lebih dulu menentukan jadwal Lebaran Idul Fitri tahun ini, yang jatuh pada Jumat (21/4/2023). Sementara Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal.

Dikutip dari detik.com, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023/1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu. Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023.

Adapun penentuan tersebut didasarkan pada posisi geometris benda-benda langit seperti Matahari, Bumi, dan Bulan. Apabila mengikuti tanggal versi Muhammadiyah, maka Lebaran 2023 akan jatuh 3 hari lagi.(yan/dtc)

  • Bagikan