KPU Malteng Gelar Kirab Pemilu 2024

  • Bagikan
KPU Maluku Tengah
Pelaksanaan kirab pemilu 2024, di Kota Masohi, Maluku Tengah, Selasa (9/5). (FOTO: A. Djen Wasolo/AMEKS)

MASOHI, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah menggelar pembukaan Kirab Pemilu 2024, Selasa (9/5/2023).

Bertempat di halaman kantor KPU setempat, Jalan RA. Kartini, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi, Kirab Pemilu dihadiri Pj. Bupati Maluku Tengah, Ketua KPU Kabupaten SBT, Kapolres Maluku Tengah,

Gelaran Kirab Pemilu 2024 itu ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dan Bendera KPU dari Sekretaris KPU Kabupaten SBT kepada Ketua KPU Maluku Tengah.

Ketua KPU Maluku Tengah, Abdusamad Ningkeula, mengatakan kirab merupakan bentuk perjuangan dalam menyambut 2024 sebagai tahun pungutan suara (Pemilu).

"Yang kita lakukan hari ini merupakan hal penting, sebagai sarana sosialisasi pemilu dalam mewujudkan demokratis berbangsa," ujarnya.

Menurutnya, sebelum tiba di Maluku Tengah, momentum kirab telah melewati beberapa wilayah. Rutenya sangat ekstrem, baik itu gunung, lembah dan beberapa rute yang dilalui.

"Betapa luasnya Indonesia dengan berbagai ragam adat istiadat dan budaya termasuk cara penyambutan tamu dalam momentum kirab di Kabupaten Maluku Tengah," katanya.

Cara menyambut para tamu dengan tarian cakalele, kata dia, ciri khas Maluku, yang dimana tarian yang mengisahkan tentang patriotisme kepahlawanan para pendahulu dalam menegakkan sebuah kebenaran kejujuran dan keadilan.

"Yang sekarang kita gunakan sebagai asas pemilu di samping itu tarian ini juga menggambarkan bagaimana melindungi dan mengayomi tamu yang berada bersama kita, sebagai bentuk kehormatan nilai-nilai kehormatan seorang tamu," jelas Ningkeula.

Sekertaris KPU Badwi Tubaka, mengatakan Kirab Pemilu akan berlangsung selama enam hari kedepan. Setelah itu, pihaknya akan melanjutkan estapet Kirab pemilu ke Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada 15 Mei pekan depan.

"Kita laksanakan selama enam hari kemudian estapet Kirab ini akan kami teruskan ke KPU Kabupaten SBB pada tanggal 15 nanti," tutupnya. (DW)

  • Bagikan