Tiga Partai Besar Absen Kirab Pemilu di Masohi

  • Bagikan
KPU Maluku Tengah
Pelaksanaan kirab pemilu 2024, di Kota Masohi, Maluku Tengah, Selasa (9/5). (FOTO: A. Djen Wasolo/AMEKS)

Masohi, AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Tiga Partai Politik absen saat Kirab Pemilu 2024 di Maluku Tengah, Kamis (11/5/2023). Kirab dilakukan sejak pagi.

Kirab Pemilu 2024 yang di lakukan di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tengah pada Selasa (9/3/2023) itu, di hadiri sejumlah pimpinan Partai Politik, yang menjadi peserta pemilu.

Sayangnya, dari 18 Partai yang menjadi peserta pemilu, tiga diantara absen (tidak hadir) dalam pelaksanaan Kirab Pemilu di Kota Masohi, Maluku Tengah.

Tiga Partai tersebut, diantaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

"Iya tiga partai tersebut tidak hadir," kata Sekertaris KPU Maluku Tengah, Badwi Tubaka, kepada media ini. Kamis (11/5).

Dirinya tidak membeberkan alasannya terkait ketidakhadiran ketiga partai besar di Kirab Pemilu itu. Namun kirab dianggap penting sebagai penguatan komitmen partai sebagai kepesertaan pemilu.

"Tidak ada teguran ataupun sanksi bagi mereka yang tidak hadir, kami hanya mengundang sesuai harapan KPU RI," katanya.

Bahkan menurutnya, bukan hanya parpol, tapi para stakeholder tekait serta pelajar dengan tujuan dapat berkolaborasi dalam mensosialisasikan secara masif pendidikan pemilih dan meningkatkan partisispasi masyarakat. (DW)

  • Bagikan