Kebakaran di Belakang Kota, Diduga Dipicu dari Ledakan Mobil

  • Bagikan
Kota Ambon

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sebuah mobil pribadi meledak, setelah diduga menabrak trotoar jalan di pertigaan menuju Pelabuhan Kecil, dan Hotel Sumber Asia, Kota Ambon. Ledakan ini juga diduga jadi penyebab kebakaran hingga menghangus sejumlah gedung.

Kebakaran terjadi pada Senin (15/5/2023), sekira pukul 20.15 WIT malam. Hingga pukul 21.00 api mulai merembes ke bangunan-bangunan di belakang Ruko yang terbakar atau di belakang Kota dekat sekali dengan SPBU.

Kebakaran cepat terjadi, karena ledakan mobil itu di depan Toko yang menjual kasur dan perkakas rumah tangga. Toko itu terbuat dari Papan. Sejumlah saksi menyebut api menjalar cepat dari toko tersebut, hingga membakar bangunan di sebelahnya.

“Pertama ada ledakan. Kami keluar, api sudah membakar toko tersebut. Tak lama api sudah mulai membesar, sementara pemadam belum datang,” ungkap sejumlah saksi mata kepada ameks.fajar.co.id, semalam.

Ruko yang terbakar, melekat dengan pemukiman warga yang dibangun semi permanen, bahkan hanya terbuat dari papan dan kayu saja. Kondisi ini mengakibatkan api cepat menjalar.

“Kan dibelakang itu ada rumah-rumah warga. Sekarang apinya sudah membakar sebagian. Apalagi rumah-rumah itu hanya dibikin dari papan, jadi cepat terbakar,” ungkap La Andi yang juga tinggal di sekitar lokasi kebakaran.

Warga yang tinggal di lokasi tersebut berusaha menyelamatkan diri. Mereka berusaha menyelamatkan harta bendanya yang bisa dibawa.

Sampai pukul 20.49 WIT, tiga unit Damkar sudah berada di lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Namun api menjalar begitu cepat, dan tak terkendali.

Warga khawatir, karena lokasi kebakaran dekat sekali dengan SPBU di Belakang Kota. Apalagi daerah sekitar lokasi hingga SPBU terdapat bangunan yang hanya terbuat dari papan.(ERM)

  • Bagikan