BPJS Kesehatan Sambangi Puskesmas Wamsisi

  • Bagikan
Buru Selatan
BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Buru Selatan sambangi Puskesmas Wamsisi untuk mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Foto: Humas BPJS Kesehatan Bursel)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Buru Selatan, kali ini sambangi Puskesmas Wamsisi untuk mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal ini sebagai salah satu reminder kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas Wamsisi tentang peraturan ataupun regulasi terbaru tentang Program JKN.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga dibarengi dengan pemberian pelayanan langsung kepada para pegawai tenaga kesehatan maupun tenaga non kesehatan yang ingin memperoleh informasi dan melakukan pelayanan administrasi.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Buru Selatan, Nur Akmal, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merefresh atau mereview kembali pemahaman para tenaga kesehatan di Puskesmas Wamsisi terhadap program-program JKN sekaligus menjadi ajang silaturahmi.

“Berhubung Puskesmas Wamsisi jaraknya lumayan jauh dari Kota Kabupaten dan juga dari Kantor BPJS Kesehatan, makanya kami sambangi sekalian silaturahmi agar seluruh pegawai disini juga pengetahuannya dapat bertambah mengenai program-program JKN. Karena merekalah yang memberikan pelayanan langsung kepada peserta JKN,’’ kata kepala BPJS Kesehatan Bursel, yang diterima oleh media ini, kemarin.

Menurutnya, antusiasme para tenaga medis yang hadir sekaligus dan saat melakukan sesi diskusi atau tanya jawab menunjukkan bahwa mereka sangat menyambut hangat kegiatan Pemberian Informasi Langsung dan BPJS Keliling ini.

Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri (PPU PN), Meilinda Sulistiana, mengaku bersyukur BPJS Kesehatan dapat hadir langsung ke Puskesmas. Tak lupa pula dengan antusias menanyakan beberapa hal terkait program JKN selaku peserta yang pernah berobat juga ke fasilitas kesehatan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Buru Selatan yang telah meluangkan waktu untuk datang kesini dan memberikan sosialisasi kepada kami,” kata dia.

“Dengan adanya sosialisasi ini, pengetahuan kami bertambah tentang aturan-aturan pemerintah yang berhubungan dengan Program JKN, yang sebelumnya banyak pertanyaan dari kami sebagai tenaga kesehatan dan sekarang alhamdulillah hari ini mendapatkan jawabannya,” tambah Meilinda.

Menurutnya, ini juga merupakan wujud kepedulian selaku tenaga Kesehatan kepada Masyarakat dalam hal Kesehatan.

“Setelah kami mendapatkan sosialisasi ini, ketika kami melayani masyarakat atau Peserta JKN, kami bisa meneruskan informasi-informasi ini kepada masyarakat. Selain itu, kami juga akan mengingatkan kembali kepada masyarakat agar selalu menyukseskan Program JKN secara bersama-sama, agar program ini tetap berjalan sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan pemerintah," tutur Meilinda.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Harbu Hakim, mengatakan, kehadiran layanan BPJS Keliling ini untuk memberikan kemudahan kepada Peserta JKN maupun masyarakat yang belum menjadi peserta untuk mengakses layanan Program JKN dengan lebih mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Berbagai cara terus dilakukan untuk dapat selalu menyentuh seluruh lapisan masyarakat kita, tidak hanya di kota tetapi juga yang ada di desa. Layanan administrasi keliling ini merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk bertemu langsung dan membantu mereka dalam pelayanan administrasi JKN,” jelasnya.

Dia berharap, dengan kegiatan sosialisasi semacam ini, BPJS Kesehatan semakin dekat dengan Peserta JKN dalam mengedukasi masyarakat tentang Program JKN.

“Semoga peserta yang sudah diberikan materi dan panduan leaflet informasi JKN dapat menyebarkan informasi tersebut kembali kepada kerabat dan tetangganya,” harap Harbu.

Diketahui, Puskesmas Wamsisi adalah salah satu mitra BPJS Kesehatan, merupakan gatekeeper dalam pelayanan Kesehatan sehingga dibutuhkan tenaga Kesehatan yang dapat memahami Hak dan Kewajiban peserta JKN serta tanggung jawab sebagai tenaga Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat tercipta layanan mudah, cepat dan setara. (leonardo)

  • Bagikan

Exit mobile version