Tahapan Pemilihan Walikota Kota Ambon Dimulai

  • Bagikan
Walikota Ambon

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID —Komisi Psmilihan Umum (KPU), Kota Ambon resmi meluncurkan Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, periode 2024-2029, Minggu (9/6/2024) malam.

Peluncuran yang berlangsung di Pattimura Park tersebut diresmikan langsung oleh Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya didampingi Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud dan jajaran KPU Kota Ambon.

Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Nicodemus Kaya mengatakan, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif sudah dilaksanakan dengan aman dan lancar.

"kita juga harus memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat kota Ambon yang sudah mendukung dan berpartisipasi, sehingga seluruh penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tersebut berlangsung dengan baik," ujar Domimggus.

Peluncuran Pilkada hari ini, kata Dominggus, adalah salah satu rangkaian awal dari Pilkada yang akan kita laksanakan yaitu, pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon tahun 2024.

Kegiatan peluncuran tahapan Pilkada ini sebagai momentum bagi semua pihak, baik itu penyelenggara maupun peserta untuk menjalin dan membangun konsolidasi, serta koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Mari kita tingkatkan solidaritas dan sinergitas dalam menjaga lingkungan, sebab ini merupakan tanggung jawab kita bersama serta mengajak kepada penyelenggara Pemilu, ASN harus tetap Netral, TNI dan Polri serta seluruh warga masyarakat dapat menciptakan kondusifitas di masa Pilkada nanti," harapnya.

Ketua KPU, Kota Ambon, Kaharudin Mahmud mengatakan, pelaksanaan pemilihan dapat berjalan baik, salah satunya apabila adanya partisipasi masyarakat dalam memberikan data kependudukan pada saat pendataan dan pencocokan pemilih.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon dalam memberikan dukungan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kota Ambon. Sehingga diharapkan pelaksanaan tahapan-tahapan dapat berjalan dengan baik," kata Dominggus.

Kita baru saja melewati proses pemilihan presiden tahun 2024, pada tanggal 14 Februari, dan ini merupakan sebuah keberhasilan kesuksesan semia yang ada di Kota Ambon. Dimana turut dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon, Polri TNI dan jajaran.

"Ini merupakan tanggung jawab yang harus sama-sama kita akan kawal untuk Pilkada, yang kemudian akan kita laksanakan pada tanggal 27 November," cetusnya (JP).

  • Bagikan

Exit mobile version