Operasi Simpatik Digelar, Penegakan Hukum Dikurangi, Sosialisasi Diutamakan

  • Bagikan
maluku tengah
Salah satu personil Satlantas saat tertibkan arus lalu lintas, Rabu (12/6). (foto Lantas Polres Malteng)

MASOHI, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Untuk meningkatkan kepatuhan dan minimalisir angka kecelakaan berlalu lintas, Polisi Resor Maluku Tengah akan gelar operasi Simpatik Salawaku 2024, Kamis (13/6).

Kasat Lantas Polres Malteng, AKP. Frans Niovaldo, mengungkapkan operasi kepolisian di bidang lalu lintas ini lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

"Yang diutamakan dalam operasi kali ini yakni tindakan preemtif dan preventif berupa imbauan dan teguran serta sosialisasi, sedangkan untuk penegakan hukumnya mungkin akan dikurangi," ujar Fans kepada Ameks.fajar.co.id diruang kerjanya.

Dikatakan Frans, operasi akan menyisir sejumlah titik, yakni di sejumlah sekolah-sekolah kemudian tempat kendaraan umum seperti terminal, pangkalan-pangkalan ojek dan beberapa titik dianggap sebagai bagian untuk memaksimalkan proses sosialisasi kepatuhan berlalu lintas.

"Proses pelaksanaan operasi simpatik akan digelar mulai besok Kamis (13/6) sampai 22 Juni 2024,dengan melibatkan kurang lebih 30 personil Polres Maluku Tengah," ujarnya.

Ditekankan agar dalam pelaksanaan operasi simpatik salawaku 2024, Polres Malteng dapat melakukan kegiatan yang inovatif sehingga masyarakat dapat mematuhi aturan lalu lintas dan juga memberikan efek jera.

Menurut Frans sasaran operasi simpatik salawaku 2024 ini meliputi potensi gangguan kamtibmas hingga kepatuhan aturan lalu lintas di masyarakat.

"Kami himbau kepada sejumlah pengendara untuk dapat bekerja sama dengan melengkapi surat dan komponen kendaraan, gunakan helm saat berkendara, patuhi markah, serta gunakan sabuk pengaman," imbuhnya. (DW)

  • Bagikan

Exit mobile version