Pemprov Maluku Serahkan 157 Ekor Hewan Kurban

  • Bagikan
hewan kurban di alfatah
Pj Gubernur Maluku, Sadali Ie, menyerahkan hewan kurban ke Masjid Al-fatah, Ambon. (foto by jardin)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID --Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyerahkan sebanyak 157 ekor hewan kurban kepada Masyarakat, Kota Ambon dalam menyambut Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada, Senin (17/6/2024).

Penyerahan yang berlangsung, Kamis (13/6/2024) di pelataran Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon tersebut di serahkan langsung secara simbolis oleh Penjabat Gubernur Maluku, Sadali le yang diterima langsung oleh Imam besar Al-Fatah, Kiyai H.R.R. Hasanussi.

Hewan kurban sebanyak 157 ekor tersebut terdiri dari 105 ekor Sapi, dan 50 ekor Kambing. Selain hewan kurban milik Pemrov Maluku, Gubernur juga menyerahkan satu ekor Hewan Kurban milik Presiden RI, Joko Widodo, dengan jenis Sapi Peranakan Ongelo dengan berat bobot 960 kilogram, umur 4 tahun.

Sedangkan satu ekor sapi milik Gubernur Maluku, dengan jenis sapi simental asal Kabupeten Buru/ Namlea, umur 3.5 Tahun dengan bobot berat 850 kilo gram.

Adapun penyaluran Hewan Qurban Sapi milik Pemerintah Provinsi Maluku tersebut akan diserahkan kepada para penerima di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, lebih tepatnya di warga samping Swalayan OASIS Mart.

Sedangkan penyaluran Hewan Qurban jenis Kambing yang juga milik Pemerintah Provinsi Maluku kepada para penerima di Desa Poka samping Indoomaret fresh jalan raya putuhena, Kota Ambon.

Penjabat Gubernur Maluku, Sadali le mengatakan, penyerahan hewan kurban tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemprov Maluku dan Pemerintah Pusat (Pempus) kepada Umat Muslim yang akan merayakan Hari Raya kurban.

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi Maluku dan Pusat," kata Gubernur.

Hal tersebut kata Sadali, bukan hanya sebagai kegiatan formal saja. Tetapi bagaimana berbagi, meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Tidak hanya semata-semata sebagai kegiatan formal, tetapi esensi terpenting dari penyerahan hewan kurban adalah berbagi, meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya bantuan hewan kurban ini diharapkan bisa terpenuhi kebutuhan Protein hewan dalam penyerahan di hari Idul Adha.

"Sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini salah satunya diharapkan dapat terpenuhinya kebutuhan Protein Hewani dalam perayaan hari Idul Adha 1445 H/2024 Μ," harap Gubernur. (jardin papalia).

  • Bagikan

Exit mobile version