Survei Internal NasDem, Elektabilitas Bodewin Jauh Tinggalkan Wenno dan Agus

  • Bagikan
Walikota Ambon
Bodewin Wattimena saat mendaftar di NasDem Kota Ambon. (Foto by Jardin/ameks)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Partai NasDem telah selesai menggelar survei internal kepada Bakal calon (Balon) Walikota Ambon. Survei digelar mulai tanggal 22 Mei hanggal 25 Mei 2024 lalu.

Dari responden yang disurvei sebanyak 440, Bodewin Wattimena, Balon Walikota Ambon, yang memiliki elektabilitas tertinggi. Elektabilitasnya mencapai 41,8 persen. Diikuti berikutnya, bukan Agus Ririmasse yang saat ini menjabat Sekretaris Kota Ambon.

Posisi kedua diduduki Jantje Wenno dengan elektabilitas hanya 6,6 persen, Agus Ririmasse 5,2 persen, Syarif Hadler 2,3 persen. Ada 20 figur yang disurvei. Sementara mereka yang belum menentukan pilihan 35,9 persen.

Dalam simulasi pasangan, berdasarkan hasil survei lembaga survei Vox Populi Center, elektabilitas Bodewin Wattimena, mantan Pejabat Walikota Ambon dua tahun ini, justru makin meningkat, baik simulasi empat pasangan maupun tiga pasangan.

Elektabilitasnya bahkan mencapai lebih dari 60 persen, dengan bakal calon Wakil Walikota Ambon siapapun. Misalnya, dalam survei ini, bila hanya ada tiga pasangan elektabilitas Bodewin dan pasangannya mencapai 61,6 persen.

Hingga kini, Bodewin Wattimena belum mendapat rekomendasi partai politik. Sementara Sekretaris DPRD Maluku ini, dikabarkan akan meminang Elly Toisuta, yang kini masih menjabat Ketua DPRD Maluku.

Ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Laturua yang dikonfirmasi ameks.fajar.co.id, membenarkan survei internal sudah selesai dilakukan. Meski demikian, dia belum mengetahui hasil survei tersebut.

“Saya belum tahu, karena itu domainnya DPP NasDem, dan para kandidat yang di mendaftar ke NasDem. Yang pasti survei menjadi salah satu instrumen penting untuk diusung menjadi kepala daerah,” ungkap Hamdani.(Jardin Papalia)

  • Bagikan

Exit mobile version