Kapal Pesiar Berisi 2000 Wisatawan Luar Negeri Tiba di Ambon

  • Bagikan
wisatawan asing
Kapal Pesiar Pacific Exporer berlabuh di Ambon. (foto by jardin/ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID —Sebanyak 2000 wisatawan luar negeri asal negara Australia tiba di Kota Ambon menggunakan Kapal Pesiar Pacific Exporer, sekira pukul 06.48 WIT. Namun kapal tersebut akan kembali bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso pada pukul 16.00 WIT.

Kedatangan ribuan wisatawan tersebut disambut langsung oleh Pelaksaan Harian (PLH) Sekda Maluku, Dr. Suryadi Sabirin di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Selasa (25/6/2024) didampingi pimpinan OPD terkait lingkup Pemrov Maluku, lembaga vertikal, dan stakeholder terkait.

Setalah bergegas turun dari kapal, para wisatawan langsung disambut juga dengan nyanyian dan iringan Paduan Ukulele serta pameran Usa Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Plh Sekda, Suryadi Sabirin mengatakan, bersyukur dengan adanya sekitar 2000an wisatawan mancanegara dari Asutralia, yang berkunjung dengan Kapal Pesiar Pacific Export.

“Diharapkan kunjungan ini memberikan dampak positif bagi Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon, apalagi Desember nanti rencananya ada Kapal Pesiar yang akan datang juga, dengan kapal-kapal kecil antar pulau,”kata Sabirin.

Dengan Cuaca Hujan yang sementara melanda Kota Ambon, Sabirin mengaku, dari pihak agen akan menyesuaikan kembali rute kunjungan dari para wisatawan selama berada bebarapa jam di Kota ini.

“Dengan pameran UMKM yang dilaksanakan di Pelabuhan, para wisatawan telah membeli barang-barang yang unik, dan para UMKM telah berhasil memperoleh target minimal Rp.500.000,” ungkapnya.

Diakui Sabirin, dengan ada kunjingan warga negara asing ini, akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi, dan UMKM naik kelas. Dikarenakan produk-produk yang dijual nantinya bisa sampai di Negara asal mereka, sehingga diharapkan apa yang dibeli dapat memotivasi orang-orang sekitarnya untuk nanti bisa datang kemabli berkunjung ke Kota Ambon manise ini.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah (Pemda) siap melayani dan bekerjasama dengan agent dan stakeholder untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Maluku,”tegas Sabirin. (JardinPapalia).

  • Bagikan

Exit mobile version