Pilwakot Ambon: Baru 3 Keluarkan Rekomendasi, 10 Parpol Masih Menggantung

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Dukungan partai politik terhadap Bakal calon (Balon) Walikota Ambon sudah mulai muncul. Masih banyak partai politik yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Kota Ambon juga belum tentukan pilihannya.

Jantje Wenno, menjadi Balon Walikota Ambon pertama yang memeroleh dukungan partai politik. PPP merekomendasikan Wenno dan Bakri Syarif Asyatri. PPP memiliki dua kursi hasil Pemilu 2024 di DPRD Kota Ambon.

Setelah itu, Partai NasDem mengeluarkan rekomendasi kepada Bodewin Wattimena dan Elly Toisuta. NasDem pemenang Pemilu 2024 di Kota Ambon dengan raihan sebanyak empat kursi.

Agus Ririmasse-Rosita Usman juga sudah mendapat rekomendasi PAN untuk bertarung dalam Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Ambon. PAN punya dua kursi di DPRD Kota Ambon berdasarkan hasil Pemilu 2024.

Untuk bisa mendaftar ke KPU Kota Ambon, masing-masing pasangan Balon Walikota-Wakil Walikota Ambon harus mendapatkan dukungan tujuh kursi di DPRD.

Bodewin masih harus mencari tiga kursi tambahan. Peluang Bodewin terbuka untuk direkomendasi PDIP yang punya empat kursi, karena tersisa dirinya dengan Wenno. Sementara Agus batalkan pencalonannya melalui PDIP.

Selain PDIP, Bodewin juga punya peluang mendapatkan dukungan dari Golkar. Pasalnya, Elly Toisuta, wakil Bodewin, adalah anggota DPRD Kota Ambon terpilih dari Golkar, dan kini masih menjabat Ketua DPRD.

Wenno juga memiliki peluang terbuka untuk mendapatkan dukungan tambahan dari partai politik. Wenno, adalah anggota DPRD Maluku dari Partai Perindo. Sementara Perindo punya 4 kursi DPRD Kota Ambon.

Sementara Agus Ririmasse yang tadinya berharap mendapatkan dukungan NasDem, setelah menggandeng Korwil NasDem Maluku, Rosita Usman, sudah tertutup peluangnya.

Agus masih berharap di Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, juga Hanura. Sementara Bodewin, dan Wenno juga terus melobi partai partai itu untuk mendapatkan dukungan.

Partai politik yang belum menentukan pilihan diantaranya, PDIP 4 kursi, Perindo 4 kursi, PKB 4 kursi, Golkar 3 kursi, Gerindra 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PKS 2 kursi, Hanura 2 kursi, Buruh 1 kursi, PSI 1 kursi.

Peneliti dari lembaga survei Index, Nendy Kurniawan Asyari, masih memperkirakan Pilwakot Ambon akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Bagi dia, masing-masing kandidat peluangnya terbuka untuk mendapatkan rekomendasi partai politik.

“Masih banyak partai politik yang belum menetapkan kepada siapa arah dukungannya. Yang jelas, Pilwakot Ambon masih terbuka bertarung tiga pasangan calon,” ungkap dia.(jardin papalia)

  • Bagikan

Exit mobile version