Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Ambon Gelar Sosialisasi Jelang Pilwakot Ambon

  • Bagikan
Pilwakot Ambon
Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud.

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Upaya menggenjot partisipasi Masyarakat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Wakil Kepala Daerah serentak, 27 November 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menggelar sosialisasi.

Sosialisasi tentang peran strategis masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 berlangsung di Amaris Hotel, Minggu (30/6/2024), dengan melibatkan perwakilan dari seluruh elemen masyarakat, seperti Raja (Kades dan Lurah), Camat, perwakilan partai politik, OKP, Jurnalis dan dan tokoh agama.

Tiga Narasumber dihadirkan Dr. Amir F Kotaromalos selaku Akademisi Universitas Pattimura, dengan materinya tentang Partisipasi Politik dan Penguatan Demorasi Elektoral di Aras Lokal. Sementara jurnalis senior, Muhammad Yani Kubangun dengan materinya tentang Peran Media Dalam Menangkal Hoaks Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Ambon tahun 2024.

Sementara Mantan Komisioner Kota Ambon 2019-2024, Yasmin Kamsurya dengan materinya tentang "Refleksi Pemilu 2024", Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2024.

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud menuturkan, warga Kota Ambon telah memiliki pengalaman yang baik dalam penyelenggaraan Pemilu. Dan itu tercermin pada Pileg dan Presiden-Wakil Presiden tahun 2024 yang berjalan aman, lancer dan damai.

” Tentu itu menjadi modal untuk kita, dan ini menjadi catatan semangan untuk kita di Pilkada 27 November nanti,” ucap Kaharudin Mahmud, dalam sambutanya.

Untuk itu, kata dia, dalam Pilkada November 2024 nanti, bukan saja menjadi tanggungjawab KPU selaku Penyelenggara, tetapi ini harus menjadi tugas semua stakeholder dan seluruh elemen masyatakat.


"Jadi Pilkada bukan hanya menjadi tanggung jawab semua baik stakeholder, tokoh agama, Kades, Raja, Lurah, Camat, OKP dan Media. Sehingga diharapkan, proses Pilkada nanti dapat berjalan aman,lancar dan baik,"harapnya.

Dia menambahkan, bahwa sesuai Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024 tentang pemilihan kepala daerah, maka KPU Kota Ambon telah melakukan berbagai tahapan persiapan. Mulai dari pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh 911 anggota Pantarlih diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

” Olehnya, jika ada petugas yang datang Masyarakat tolong diterima dengan baik sehingga anggota Pantarlih dalam melaksanakan tugas bisa berproses dengana baik dan lancar,” ucapnya.

Selanjutnya, pengumuman pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon akan disampaikan pada 24 Agustus 2024, dan pendaftaran pada 27 Agustus 2024.

”Kami berharap, pelaksanaan Pilkada ini dapat berjalan aman, damai dan lancar hingga penetapan calon terpilih. Untuk itu, kepada seluruh warga Kota Ambon, agar dapat menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif,” demikian Kaharudin.(Elyas Rumain)

  • Bagikan

Exit mobile version