Survei Terbaru Pilkada Malteng: Head to Head, Elektabilitas IR Jauh Dibawah Mirati

  • Bagikan
Pilkada Malteng
grafik simulasi dua nama figur Bakal calon Bupati Malteng.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Elektabilitas di Mirati Dewaningsih di tiga lembaga survei berbeda yang menggelar survei di waktu berbeda untuk Pilkada Maluku Tengah, masih terlalu tinggi.

Head to head seperti yang diinginkan Ibrahim Ruhunussa IR), masih menempatkan anggota DPRD Maluku terpilih ini, jauh dibawah Mirati. Survei terakhir yang dilakukan Indikator, menunjukan Mirati masih paling dipilih pemilih Maluku Tengah.

Lembaga Survei Indikator ini menggelar survei diantara tanggal 22 Juni hingga 29 Juni 2024. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 400 orang.

Asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 400 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error- -MoE) sekitar ±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Untuk simulasi 20 figur yang disurvei, pada lima besar, Mirati berada diangka elektabilitas 22,2 persen, Andi Munaswir 13,9 persen, dan Ibrahim Ruhunussa 12,6 persen, Zulkarnain Awat Amir 7,8 persen, Muhamad Marasabessy 5,8 persen.

Untuk simulasi 10 nama figur tingkat keterpilihan Mirati bertambah besar diangka elektabilitas 29,2 persen, Andi Munaswir 14,1 persen, dan Ibrahim Ruhunussa 13,8 persen, Zulkarnain Awat Amir 7,6 persen, Muhamad Marasabessy 8,2 persen.
Untuk simulasi tiga nama figur, Mirati berada diangka elektabilitas 47,0 persen, Andi Munaswir 20,1 persen, dan Ibrahim Ruhunussa 17,8 persen, belum menentukan pilihan 15,1 persen.

Untuk simulasi tiga nama figur, Mirati berada diangka elektabilitas 48,8 persen, Andi Munaswir 21,2 persen, Muhamad Marasabessy,16,8 persen, sementara yang belum tentukan pilihan sebesar 13,8 persen.

Untuk simulasi tiga nama figur, Mirati berada diangka elektabilitas 51,8 persen, Andi Munaswir 18,6 persen, dan Zulkarnain Awat Amir 13,6 persen, belum menentukan pilihan 15,9 persen.

Sementara simulasi dua nama figur atau head to head Mirat lawan IR. Angka elektabilitas Mirati diangka 57, 1 persen, Ibrahim Ruhunussa hanya 22,4 persen. Pemilih yang belum tentukan pilihan sebanyak 20, 5 persen.

Indikator juga melakukan survei pasangan. Untuk empat pasangan, Mirati-Dani Nirahua berada elektabilitas 39,3 persen, disusus Andi Munaswir-Frans J Picarima diangka 20,1 persen, Ibrahim Ruhunussa- Rudolf Lailossa diangka 16,6 persen, dan Muhamad Marasabessy-Semuel Thiemailattu diangka 13,7 persen.

Untuk tiga pasangan tanpa Ibrahim dan pasangannya, Mirati-Dani Nirahua berada elektabilitas 46,8 persen, disusus Andi Munaswir-Frans J Picarima diangka 24,2 persen, dan Muhamad Marasabessy-Victor Loupatty diangka 15,9 persen. Sementara yang belum tentukan pilihan 13,1 persen.

Hingga kini Mirati Dewaningsih-Dani Nirahua yang mengantongi rekomendasi dari NasDem, dan Muhamad Marasabessy sudah direkomendasikan Gelora. Banyak partai politik yang memiliki kursi di DPRD Malteng berdasarkan Pemilu 2024, belum tentukan pilihan.

Tim relawan Mirati Dewaningsih-Dani Nirahua, Nataniel Elake, mengatakan komunikasi dengan partai politik lainnya terus dilakukan. Sejumlah parpol sudah memberikan lampu hijau untuk merekomendasikan Mirati-Dani.

“Saya tak perlu menyebut parpol yang mana saja. Komunikasinya sudah mendalam, dan dalam beberapa kedepan, rekomendasinya sudah bisa dikeluarkan untuk pasangan Mirati-Dani,” ungkap Elake.(yani)

  • Bagikan

Exit mobile version