Mantan Sekda SBT Lagi Buron, Mantan Anak Buahnya Dihukum 3 Tahun

  • Bagikan
BPK
ILUSTRASI

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Majelis hakim yang di Ketuai Rahmat Selang, menjatuhkan vonis tiga tahun penjara kepada mantan bendahara pengeluaran Sekertaris Daerah (Setda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Idris Lestaluhu.
 
Vonis tersebut dibacakan dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN), Kota Ambon, Rabu (3/7). Hakim menyatakan bahwa, Idris terbukti bersalah melanggar pasal 3 jo pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.
 
"Berdasar keterangan saksi alat bukti dan fakta persidangan. Maka, menghukum terdakwa dengan pidana selama 3 tahun penjara" kata, hakim dalam putusannya.
 
Selain pidana penjara lanjut Selang, Idris juga dihukum membayar denda sebesar Rp 300 juta subsider dan 3 bulan kurungan penjara.
"Kepada terdakwa diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 1.291.017.900 dengan ketentuan dalam waktu yang ditentukan tidak dapat membayar maka ditambah 1 tahun dan 5 bulan penjara," kata hakim.
 
Sebelumnya, putusan hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya selama 4 tahun dan 6 bulan penjara dan denda Rp.100 juta subsider 3 bulan kurungan.Diketahui sebelumnya, Idris Lestaluhu merupakan terdakwa korupsi bersama mantan sekda SBT Jafar Kwairumaratu yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleah Kejaksaan Kejati (Kejati) Maluku.
 
Keduanya bersama-sama melakukan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) belanja langsung dan belanja tidak langsung di sekertariat daerah Kabupaten Seram Bagian Timur. (jardin papalia)
 

  • Bagikan

Exit mobile version