Pilkada SBT: PKS Usung Fachri, Vanath Diusung NasDem-Gerindra

  • Bagikan
Pilkada SBT
Fachri Alkatiri

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — PKS mengutus Fachri Alkatiri bertarung kembali di Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT). Namun dalam rekomendasi itu, belum ditentukan siapa wakil mantan Bupati SBT 2015-2020 ini.

Fachri untuk ketiga kalinya bertarung di Pilkada SBT. Pertama mendampingi Mukti Keliobas di tahun 2015-2020 yang membawa mereka terpilih menjadi bupati dan wakil bupati.

Berakhir masa jabatannya, Fachri memilih berpisah dari Mukti, dan menggandeng Ketua DPC PDIP SBT Arobi Kelian bertarung di Pilkada SBT melawan Mukti-Idris Rumalatur. Fachri-Arobi kalah, Mukti-Rumalatur terpilih untuk peride 2020-2025.

Kini Fachri kembali bertarung. Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP-PKS) resmi usungnya. Meski belum umumkan wakil, namun Fachri merupakan Balonkada pertama yang lebih awal
dari daerah lain mendapatkan rekomendasi PKS.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Maluku Azis Sangkala yang dikonfirmasi membenarkan, jika rekomendasi ke Fachri sebagai bakal calon Bupati SBT telah diberikan lebih awal dari calon kepala daerah lain yang diusung PKS.

"Fachri Alkatiri untuk Pilkada SBT sudah diberikan rekomendasi sejak Desember 2023 sebelum pemilu, tapi dengan pasangan Wakil akan diberikan dalam waktu dekat," sebut Sangkala kepada media ini, Jum'at (05/07/2024) malam.

Azis menjelaskan, baru tiga daerah yang sudah dikeluarkan rekomendasi oleh PKS, diantaranya SBT Fachri, Maluku Tenggara M. Taher Hanubun dan Carolus Viali Rahantoknam sebagai pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati. Kemudian pasangan Bupati Wakil Bupati Ikram Umasugi dan Sudarmo di Kabupaten Buru.

"Tiga daerah ini yang sudah diberikan rekomendasi oleh DPP PKS. Untuk daerah lain menyusul. Mungkin di Minggu ini ada juga rekomendasi yang diberikan," sahut Sangkala, yang enggan menyebutkan daerah mana saja rekomendasi dikeluarkan Minggu ini.

Sementara Rohani Vanath kembali bertarung, setelah kalah dalam Pilkada periode 2020-2025. Saat itu Vanath berpasangan dengan Ramli Mahu. Mereka hanya finish diurutan ketiga, kalah suara dari pasangan Mukti kemudian Fachri.

NasDem sendiri sudah merekomendasikan Rohani Vanath yang berpasangan dengan Madja Rumatiga. Ketua DPW NasDem Maluku Hamdani Laturua yang dihubungi ameks.id, membenarkan rekomendasi ke Rohani Vanath.

“Iya benar rekomendasinya sudah diberikan kepada Rohani Vanath. Pekan lalu diberikan. Tentu ada pertimbangan sama dengan rekomendasi yang sudah diberikan lebih dulu kepada bakal calon kepala daerah lainnya,” ungkap Hamdani.

Selain NasDem, pasangan Vanath, Madja Rumatiga juga sudah direkomendasikan Gerindra sebagai bakal calon Wakil Bupati. Meski Ketua DPD Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa tak menyebut siapa Balon Bupatinya, namun dia membenarkan rekomendasi ke Madja.(wahab)

  • Bagikan

Exit mobile version