Pilih Gabung Golkar-PPP di Buru, PDIP: Gadis Perbesar Peluang Aziz Rebut Kursi Bupati

  • Bagikan
Buru
Wakil Ketua Umum Golkar Doli Ahmad Kurnia saat menyerahkan rekomendasi kepada Azis Hentihu-Gadis Umasugi.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — PDIP buka-bukaan soal rekomendasi kepada Ketua DPW PPP Maluku Aziz Hentihu untuk bertarung di Pilkada Buru. Selain elektabilitas tinggi berdasarkan survei internal, hadirnya Gadis Sitti Nadia Umasugi, diyakini membuka peluang kemenangan pasangan ini.

“Dukungan PDI Perjuangan kepada pasangan Aziz-Gadis di Pilkada Buru tentunya didasari oleh sejumlah indkator. Misalnya temuan survey, hampir semua survey yang melakukan riset elektabilitas pada Pilkada Buru 2024, menunjukan peluang duet politisi PPP dan Golkar ini menang,” ungkap Penanggung jawab PDI Perjuangan di Pilkada Buru, Debi P Latuconsina, saat dikonfirmasi ameks.id, Sabtu (24/8/2024).

Karena itu, kata Debi, pilihan PDIP sudah sangat rasional untuk mendukungan pasangan berakronim BASIS ini, berdasarkan pertimbangan empiris hasil survei, yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan dari sisi ilmiah.

Debi bilang, positioning Gadis menjadi penting dalam biduk politik Buru. Sebagai perempuan, Gadis memiliki segementasi pemilih yang kuat (strong voter’s). Selain mewakili segementasi pemilih perempuan, Gadis juga mewakili ceruk pemilih millennial dan gen z di Buru. Kelompok pemilih produktif pada Pilkada nanti.

“Bagi kami, hasil temuan survey kemudian dianalisa. Hasil analisis itu memberikan gambaran soal peluang keterpilihan. Selain itu, untuk mempermudah para calon kepala daerah yang kami usung memiliki elektoral vote yang tinggi, maka tugas kami berdasarkan temuan survey adalah melihat lagi ceruk atau segementasi pemilih potensial,” tandas dia.

“Nah, sebagai satu-satunya perempuan dalam gelanggang politik di Buru, Gadis memiliki ceruk pemilih yang besar, mewakili segmen perempuan, millennial dan gen z. tinggal bagimana, partai koalisi dan kandidat menyiapkan strategi tempat melalui program kampanye yang terukur untuk mengunci suara mayoritas pada segmentasi tersebut,” tambah Debi.

Selain itu, bagi Debi, PPP, Golkar dan PDI Perjuangan memiliki basis politik yang tidak beririsan di Buru. Tiga mesin partai pengusung pasangan BASIS ini, memiliki ceruk pemilih yang berbeda dan tersebar mereta.

” Intinya kami memiliki mapping sebaran suara dan pemilih idologis setiap partai pengusung. Untuk itu, kami sangat optimisi pasangan BASIS bisa menang di Pilkada Buru,” ujarnya.

Debi menegaskan, seluruh kader stuktural mulai dari DPD, DPC, PAC dan Anaka Ranting pada Pilkada Maluku termasuk di Buru akan solid dan tegak lurus dalam mengejewantahakan amanah, serta pertintah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarno Puteri untuk mengawal dan memenangkan calon kepala daerah yang diusung.

“Di PDI Perjuangan prinsip tegak lurus merupakan kohormatan bagi kami dalam menjalankan perintah Ketua Umum untuk mengawal dan memenangkan calon kepala daerah yang direkomendasikan partai. Kami pastikan seluruh instrument politik partai akan bergerak, termasuk akar rumput yang menjadi ujung tombak PDI Perjuangan dalam agenda pilkada nanti, termasuk di Buru. Kami solid dan akan all out di Pilakda Buru,” sebut dia. (jardin papalia)

  • Bagikan

Exit mobile version