Tiga Dokter Spesialis Turun Obati Ratusan Warga Gereja

  • Bagikan
gereja katolik
BAKTI SOSIAL : Ratusan warga Gereka Katolik Paroki Santo Joseph Passo mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan RS Otto Kuyk Passo, Minggu (25/8).-RESKY SOHILAIT-

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Ratusan warga Gereja Katolik Paroki Santo Joseph Passo, mendapat layanan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh tim medis Rumah Sakit Hative Passo atau lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Otto Kuyk, Minggu (25/8).

Pelayanan kesehatan gratis yang dikemas dalam bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun RS Otto Kuyk ke 51 pada 27 Agustus 2024.

Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan di gedung aula gereja usai perayaan usai perayaan misa kudus sekira pukul 10.00 WIT. Direktur RS Otto Kuyk, dr Hans Liesay, M.Kes membawa 4 orang tenaga dokter dan beberapa perawat untuk melayani warga gereja yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tenaga dokter yang terlibat masing-masing dokter spesialis anak dr. Vivianti Hartiono, Sp.A.MARS, dokter spesialis penyakit dalam dr. Fitria Retobyaan, Sp.PD, dokter spesialis urologi dr. Andi, Sp.U serta dokter umum dr. Sartika I.M. Sapulette.

Dokter Andi, merupakan satu dari 3 orang dokter spesialis urologi yang ada di Kota Ambon. Dihadapan warga gereja, dirinya juga sempat memberikan penjelasan singkat mengenai bidang urologi yang berfokus dalam permasalahan sistem saluran kemih serta tindakan medis terhadap pasien yang berkaitan dengan penyakit saluran kemih.

Selain mendapatkan pelayanan kesehatan, sekitar 250 warga gereja yang datang juga diberikan obat untuk kesembuhan penyakitnya secara gratis.

“Kami sangat berterima kasih mendapat pelayanan kesehatan dengan cuma-cuma dari RS Otto Kuyk,” ungkap Yuli Soba, salah satu umat katolik yang mendapat pelayanan kesehatan gratis.

Pastor Paroki Santo Joseph Passo, RD Lukas Kelwulan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Santo Lukas Keuskupan Amboina dan manajemen RS Hative Passo yang telah memberikan pelayanan kesehatan gratis di gereja itu.

Pastor Luky, sapaan akrabnya, mengajak umat Paroki Passo dan umat Katolik agar ketika membutuhkan pelayanan kesehatan segera menghubungi rumah sakit milik Keuskupan, apalagi RS. Otto Kuyk berada di wilayah Paroki St. Joseph Passo.

Menurut Pastor Luky, adalah tugas umat Katolik untuk mengembangkan dan memajukan karya pelayanan dalam bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh Uskup Amboina melalui rumah sakit milik Keuskupan.

Dirinya berharap umat Paroki Santo Joseph Passo bisa memanfaatkan keberadaan RS Hative yang berada di Passo bila ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Keberadaan RS ini sangat membantu masyarakat dan kami menyampaikan terima kasih atas pelayanan kesehatan dilingkungan ini,” ungkapnya usai memimpin perayaan misa kudus Minggu biasa ke XXI di gedung gereja.

Sementara itu, RD Emanuel Nobertus Do sebagai perwakilan dari Yayasan Santo Lukas Keuskupan Amboina yang membawahi RS Otto Kuyk, menegaskan bahwa salah satu karya misi gereja adalah pelayanan dalam bidang kesehatan.

Karena itu, pelayanan kesehatan yang baik kepada umat dan masyarakat adalah prioritas utama bagi rumah sakit Katolik. Bukan mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya.

“Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan cinta kasih pastoral harus menjadi ciri utama dalam karya pelayanan kesehatan dari para dokter dan petugas medis lainnya yang berkarya di Rumah Sakit Katolik,” ungkapnya sembari mengaku RS Otto Kuyk akan terus berbenah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.(KIE)

  • Bagikan

Exit mobile version