PAN Yakin Prabowo tak Intervensi, Irma: Nggak Usah Panik, Ketum Gerindra Dukung HL-AV

  • Bagikan
Gubernur Maluku
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat menyerahkan rekomendasi Gerindra ke pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath di Pilgub Maluku 2024.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Dukungan Ketua umum Prabowo dalam Pemilihan Gubernur Maluku, tak perlu didebatkan. Rekomendasi ke Hendrik Lewerissa (HL)-Abdullah Vanath (AV), diteken Presiden terpilih, itulah bentuk dukungan sahnya.

“Tidak perlu didebatkan lagi. Apalagi yang mempersoalkan itu pengurus partai politik lain. Publik saja tahu. Rekomendasi HL dan AV itu diteken pak Prabowo, lalu untuk apa pertanyakan sesuatu yang sudah sah,” kata Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Irma Betaubun, saat dikonfirmasi ameks.fajar.co.id, Selasa (3/9/2024).

Menurut dia, yang dipakai pasangan HL-AV daftar ke KPU Maluku untuk ditetapkan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, dukungan yang diteken Ketua umum Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani.

“Bagi kami, dukungan pak Prabowo sudah clear, and clean kepada HL-AV. Apalagi HL, adalah petugas partai Gerindra di Maluku, dengan Ketumnya pak Prabowo. Karena itu, kalau ada yang pertanyakan lagi, itu agak lucu. Jadi nggak usah panik,” sebut Irma.

Soal KIM, Irma tak ingin membicarakan dukungan tersebut, karena itu koalisi besar di pusat, yang terdiri dari sejumlah partai politik. Kata dia, wajar kemudian pasangan HL-AV membawa nama Prabowo, karena kapasitasnya sebagai Ketua umum Gerindra.

“Wajib hukumnya dong, pak Hendrik dan Abdullah Vanath menggunakan foto pak Prabowo, karena kapasitasnya sebagai Ketua umum Gerindra. Jadi mari kita bertarung elegan, tanpa mengintervensi rumah tangga partai politik lain,” tandas Irma.

Sebelumnya, Sekretaris DPW PAN Maluku, Haeruddin Tuarita, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, Senin (2/9) mengatakan, Prabowo pada Kongres PAN beberapa waktu lalu di Jakarta, telah memberi isyarat tentang sikapnya di Pilkada serentak.

Saat itu, Prabowo menjelaskan, bahwa dalam Pilkada serentak 2024 ini, ada daerah yang satu koalisi dengan Gerindra namun ada juga yang tidak.

“Namun Pak Prabowo bilang itu bukan masalah. Dan beliau menjamin tak akan mengintervensi untuk memenangkan calon tertentu. Bahkan Pak Prabowo bilang kalau berbeda, nggak ada masalah, ya monggo silahkan, nggak ada urusan, nggak ada intervensi saya jamin itu, jadi soal Pilkada tidak terlalu prinsip,”paparnya meniru pernyataan Prabowo.

Merujuk pada pernyataan Prabowo tersebut, Haeruddin yakin Presiden Republik Indonesia terpilih itu tidak akan mengintervensi Pilkada termasuk di Provinsi Maluku.

“Kami yang tergabung dalam Koalisi Maluku Maju yang sebagian besar adalah Partai Koalisi Indonesia Maju di pusat, sangat yakin bahwa presiden terpilih tidak akan melakukan intervensi langsung Pilkada 2024 termasuk Pilkada di Maluku,”tegasnya.
Haeruddin menambahkan, dirinya berharap ke depan agar tidak lagi ada narasi - narasi politik negatif yang membawa nama presiden terpilih untuk kepentingan tertentu. Sebab hal itu hanya akan merusak citra demokrasi.

“Sebagai bagian dari irisan Koalisi Indonesia Maju di pusat, kita berusaha untuk membangun citra positif tidak ada intervensi demokrasi dari Prabowo Subianto,”tutupnya.(Zainal/yani)

  • Bagikan

Exit mobile version