BPJS Kesehatan Tingkatkan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat

  • Bagikan
BPJS Kesehatan
Silvia Kiki Jacob.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan jaminan sosial di bidang kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan dalam pelaksanaannya terus berupaya untuk memberikan jaminan kesehatan bagi setiap masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu Peserta Program JKN, Silvia Kiki Jacob (26), bercerita bagaimana Program JKN sangat membantu dirinya dalam memperoleh layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

“Saya sudah merasakan manfaat Program JKN ini secara langsung ketika melakukan pengobatan di Puskesmas dan sejauh ini yang saya rasa semua baik-baik saja mulai dari pelayanan ketika pendaftaran, pemeriksaan hingga pengambilan obat semuanya baik dan saya puas dengan pelayanannya,” katanya dalam release yang diterima media ini, kemarin.

Dijelaskan, dirinya tidak pernah mendapatkan diskriminasi pelayanan atau perbedaan pelayanan antara pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan seperti cerita-cerita yang selama ini tersebar di masyarakat.

“Selama saya menggunakan Program JKN untuk memanfaatkan pelayanan Kesehatan, tidak pernah sekalipun saya mendapat perbedaan perlakuan pelayanan dari dokter maupun petugas kesehatan lainnya. Semua dilayani dengan sangat baik dan adil, tidak ada pilih kasih,” tuturnya.

Menurut Dia, dirinya tidak pernah mengeluarkan biaya sedikitpun dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan menggunakan status kepesertaan JKN miliknya.

“Ketika pergi berobat juga saya tidak pernah mengeluarkan biaya apa-apa dan tidak pernah diminta biaya apapun dari pihak Puskesmas untuk saya membayar, semua digratiskan dan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan teknologi yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, dirinya dapat mengakses layanan administrasi dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan secara langsung.

“Menurut saya pribadi, Program JKN semakin mempermudah pesertanya dengan menghadirkan Aplikasi Mobile JKN dengan berbagai macam fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Tak hanya itu, bahkan bisa juga kita mengetahui informasi dan mendapatkan layanan administrasi melalui Whatsapp. Saya sangat terbantu dengan hal tersebut karena di sela-sela kesibukan saya sehari-hari, saya tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan tetapi hanya melalui telepon saja, saya sudah bisa mendapatkan pelayanan yang saya inginkan,” ujarnya.

Dia berharap, BPJS Kesehatan yang telah menghadirkan Program JKN, telah membantu banyak masyarakat.

“Saya berharap Program JKN ini dapat terus ada untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia terkhususnya masyarakat yang kurang mampu dan hadir dengan inovasi - inovasi barunya yang bisa mempermudah kami sebagai Peserta Program JKN,” harap Silvia.

Diketahui, BPJS Kesehatan akan terus berupaya maksimal dalam meningkatkan kemudahan layanan demi kepuasan Peserta Program JKN. Selain Aplikasi Mobile JKN, terdapat pula beberapa kanal layanan non tatap muka yang bisa diakses oleh Peserta Program JKN, sehingga peserta tidak perlu repot-repot datang ke kantor. Kanal layanan non tatap muka diantaranya Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dan Care Center 165. (LMS)

  • Bagikan

Exit mobile version