WNA Asal Amerika Serikat Hilang Diperairan MBD Saat Menyelam

  • Bagikan

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Carol Colleen Monfore, warga berkebangsaan Amerika Serikat (AS) ini hilang di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku saat lakukan aktifitas diving atau menyelam di perairan pulau Reong, Kecamatan Wetar Utara.

Tim SAR gabungan sudah berupya lakukan operasi pencarian hilangnya wanita berusia 68 tahun itu. Hanya saja belum berhasil diketemukan.

Dari data dan informasi diketahui awalnya, Kamis (26/9/2024) pagi sekira pukul 09.00 WIT, korban bersama Enam orang rekannya didampingi toure guide melakukan diving (menyelam).

Penyelaman di sekitar perairan pulau Reong. Dilaporkan kondisi laut kala itu ada pergerakkan arus bawah air yang kencang dan deras sehingga diduga korban terseret arus.

Kapolsek Wetar Ipda Giovani B. M. Toffy, membenarkan adanya insiden hilangnya wisatawan asing atas nama Carol Colleen Monfore berkebangsaan Amerika Serikat saat melakukan Diving di perairan pulau Reong Kecamatan Wetar Utara.

"Informasi tersebut kami peroleh ketika dihubungi oleh siaga Basarnas Ambon melalui Hand Phone Jumat (27/09) siang," kata Giovani Toffy dalam keterangan resminya diterima Ameks.Fajar.Co.Id, Jumat (4/10/2024).

Disitu, dijelaskan ada salah satu WNA hilang diperairan pulau Reong Kecamatan Wetar Utara Kabupaten MBD dengan titik koordinat lokasi kejadian : 7039’35.16”S – 125055’40.26”E, selain itu siaga Basarnas Ambon juga menyampaikan menerima informasi siaga Basarnas Kalabahi Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timut (NTT).

Toffy juga menjelaskan, Sabtu (28/9/2024) pagi, dihubungi oleh toure guide Seno Suwarno di Kalabahi Kabupaten Alor NTT via Handphone. Seno Suwarno mengkonfirmasikan insiden hilangnya 1 orang WNA tersebut.

Upaya pencarian juga sudah dilakukan rekan-rekan korban dengan menggunakan kapal KM. Phinisi Tiare milik korban, KM. Seemore dan KM Neiomi karena seperjalanan dengan tujuan kepulauan laut Banda.

Upaya pencarian berlanjut, Sabtu siang sekira pukul 12.00 WIT siaga Basarnas Kalabahi NTT tiba di pulau Reong dan melakukan operasi pencarian korban.

Namun hasilnya, korban belum juga ditemukan. Pencarian berlangsung selama 5 hari hingga Kamis (3/10/2024) siang, setelah berkoordinasi dengan siaga Basarnas Ambon, dan akhirnya operasi pencarian WNA atas nama Carol Collen Monfore oleh siaga Basarnas Kalabahi dinyatakan berakhir pada pukul 15.30 Wit.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Nabar guna mengerahkan warga ikut membantu melakukan pencarian di pesisir pantai yang berhadapan dengan pulau Reong serta melakukan pencarian diseputaran perairan pulau reong, dengan menggunakan alat angkut long boat atau speed boat namun korban belum juga ditemukan.” ungkap Kapolsek.

Menurut Kapolsek, insiden ini terjadi diluar sepengetahuan mereka. Kedatangan wisatawan asing di perairan pulau Reong dengan dipandu oleh toure guide tidak memberitahukan secara resmi kepada pemerintah Kecamatan Wetar Utara maupun Pihak Kepolisian.

“ Kami mengharapkan kedepannya jika ada kegiatan semacam itu oleh wisatawan asing maka toure guide wajib memberitahukan kedatangannya kepada kami," katanya.

"Faktor keamanan dan keselamatan wisatawan tetap kami prioritaskan kemudian tempat dimana akan dilakukan aktifitas dapat kami pantau serta kami koordinasikan dengan pemerintah Desa setempat sebab selain alasan pertimbangan situasi laut yang ekstrim, daerah perairan laut di Pulau Wetar umumnya juga dihuni oleh hewan buaya. “ tutup Kapolsek, menambahkan.(Elyas Rumain).

  • Bagikan

Exit mobile version