Pergi Pungut Cengkih di Hutan Wanat, Nenek 80 Tahun tak Kunjung Kembali ke Rumah

  • Bagikan
Maluku Tengah
Tim SAR mencari Nenek 80 tahun yang hilang di Hutan Wanat, Negeri Hitu, Maluku Tengah. (foto by Basarnas Ambon)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID – Seorang perempuan lanjut usia (lansia) berusia 80 tahun, warga Dusun Wanat, Desa Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, dilaporkan hilang sejak 6 Oktober 2024. Hingga kini, korban belum juga ditemukan.


Informasi ini diterima oleh Command Centre KPP Ambon dari seorang warga bernama Arif, 7 Oktober sekitar pukul 13.20 WIT, yang langsung meminta bantuan pencarian dan pertolongan dari tim SAR.


Menanggapi laporan tersebut, pukul 13.30 WIT, satu tim penyelamat dari KPP Ambon segera diberangkatkan menuju lokasi hutan di Dusun Wanat dengan koordinat 3°35'56.54"S-128°11'5.38"E. Lokasi tersebut berjarak sekitar 20 KM dari kantor KPP Ambon ke arah Timur Laut.


Setibanya di lokasi, tim SAR KPP Ambon langsung berkoordinasi dengan keluarga korban dan masyarakat setempat. Pencarian segera dilakukan dengan membagi dua tim pencari (SRU) untuk memperluas area pencarian di dalam hutan.

Pada pukul 14.27 WIT, SRU 1 mulai melakukan pencarian di sejumlah titik berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar.


Sementara itu, pukul 16.10 WIT, SRU 2 mengerahkan drone thermal untuk membantu pencarian. Namun hingga sore hari, upaya pencarian belum membuahkan hasil. Operasi SAR untuk hari itu dihentikan sementara dan akan dilanjutkan keesokan harinya.


Kepala KPP Ambon, M. Arafah, Selasa (8/10/2024) menjelaskan bahwa korban diketahui pergi ke hutan pada 6 Oktober 2024 untuk memungut cengkeh yang jatuh di tanah. Namun, hingga malam hari, korban tak kunjung kembali.


Keluarga dan warga Dusun Wanat telah melakukan pencarian pada hari pertama dan kedua, namun belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban.


“Upaya pencarian hari ini akan dilanjutkan besok (Rabu(9/10/2024) pagi,” tambah Arafah.


Data Korban:
Nama: Nona
Usia: 80 tahun
Jenis Kelamin: Perempuan
Alamat: Dusun Wanat, Desa Hitu
Status: Dalam Pencarian
Alat dan Personel yang Diterjunkan:
1 Unit Truk Personel
1 Unit Drone Thermal
Peralatan Evakuasi SAR
Unsur yang Terlibat:
5 Rescuer KPP Ambon
10 Anggota Keluarga Korban


Operasi pencarian akan dilanjutkan hingga korban berhasil ditemukan.(jardin papalia)

  • Bagikan

Exit mobile version