Tiga Hari Lagi, Tamaela, Mailoa, dan Moenandar Dilantik Jadi Pimpinan DPRD Ambon

  • Bagikan
Pimpinan DPRD Kota Ambon
Ketua DPRD Ambon sementara, Morits Tamaela.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pimpinan DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 dijadwalkan dilantik pada Jumat, 18 oktober 2024 akhir pekan ini. Mereka yang akan dilantik adalah, Mourits Tamaela dari Nasdem sebagai ketua DPRD kota Ambon, Wakil ketua I (PDIP) Gerald Mailoa, dan Wakil ketua II Patrick Moenandar (Perindo).

Untuk diketahui, sejak dilantik pada 11 September 2024 lalu, DPRD kota Ambon dipimpin oleh ketua sementara dari Nasdem Mourits Tamaela, dan Wakil ketua Sementara Lucky Upulatu Nikijuluw dari PDI-Perjuangan.

Terkait hal tersebut, Mourits Tamaela yang dikonfirmasi wartawan, Senin (14/10) kemarin mengaku, seluruh tugas yang dibebankan kepada dirinya dan Nikijuluw se bagai pimpinan sementara telah selesai satu persatu.

Tugas-tugas tersebut, lanjutnya, mulai dari pembentukan fraksi- fraksi, tata tertib melalui Panitia Khusus (Pansus), bimbingan teknis anggota dewan, serta penetapan pimpinan definitif telah selesai dilakukan sejak pekan kemarin.

“Hanya tinggal satu tahapan terakhir saja yakni pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon. Prosesnya sedang berlangsung di Pemerintah Provinsi Maluku,”jelasnya.

Menurutnya, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Ambon, hanya tinggal menunggu SK Gubernur Maluku. “Berdasarkan informasi, hari ini (kemarin) SK tersebut akan diberikan,”ujarnya.

“Dan sesuai rencana kita agendakan pelantikan Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon, akan digelar dalam Minggu ini atau pada 18 Oktober 2024,”terangnya.

Lebih lanjut, ia mengaku, setelah pelantikan nanti, maka pimpinan definitif langsung dihadapkan dengan tugas awal yakni menjembatani pembagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Hal itu perlu secepatnya dilakukan agar sesuai target tugas dan tanggung jawab seluruh ang- gota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 mulai aktif pada akhir Oktober nanti,”tutupnya.(zainal patty)

  • Bagikan

Exit mobile version