4 Anggota DPR RI Dapil Maluku Masuk Tim Anggaran, Apa yang Bisa Dilakukan Mereka?

  • Bagikan
Gubernur Maluku
Anggota DPR RI, Saadiah Uluputty.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Empat anggota Legislatif (Aleg) DPR RI daerah Pemilihan (Dapil) Maluku periode 2024-2029 Widya Pratiwi, Saadiah Uluputty, Mercy Barends dan F. Alimuddin Kolatlena dipercayakan masuk tim badan anggaran (Banggar).

Penetapan ke empat Wakil rakyat dapil Maluku ini melalui rapat Paripurna kelima penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI di Jakarta, Selasa kemarin.

Widya Pratiwi, fraksi partai Amanat Nasional (PAN) ditempatkan di Komisi III (tiga) dan badan anggaran (Banggar). Mitra Komisi III meliputi, Kejaksaan Agung RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sekretariat Jenderal Mahkamah Agung.

Selain itu juga meliputi Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) republik Indonesia.

Saadiah Uluputty, fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ditempatkan di Komisi IV (empat) dan Banggar. Komisi tersebut menaungi beberapa kementerian dan badan sebagai Mitra diantaranya, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kemudian, Badan Urusan Logistik (Bulog), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Badan Karantina Indonesia.

Mercy Cheristy Barends fraksi PDI-Perjuangan ditempatkan di Komisi X (sepuluh) dan Banggar.
Komisi X membidangi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Selanjutnya, F. Alimudin Kolatlena, fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menempati Komisi VIII (delapan) dan Banggar. Komisi yang ditempati Alimuddin memiliki delapan mitra, diantaranya
Kementerian Agama, Kementerian Sosial.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Saadiah Uluputty, mengaku sangat mengharapkan dengan adanya penempatan alat kelengkapan DPR RI dan Banggar, mereka bisa maksimal bersuara dan berjuang untuk kepentingan Maluku ke depan.

"Semoga dengan penempatan ini, kami bisa berkontribusi bagi kemaslahatan Masyarakat luas di pelosok Maluku. Mohon doanya basudara samua semoga Allah SWT memberi petunjuk, melindungi dan meridhoi," tulis Saadiah anggota DPR RI dua periode itu di akun faceboknya, Rabu kemarin. (wahab)

  • Bagikan

Exit mobile version