Nahkoda Baru Kumpulan Dokter Gigi, Hary: Kita Dorong Penambahan Anggota

  • Bagikan
Wendy Pelupessy
Ketua dimisioner PDGI Ambon sebelumnya, Wendy Pelupessy,

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.-Tindak lanjut hasil keputusan Kongres Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke XXVII di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), 17 Maret 2022 lalu, Cabang Ambon, pada Sabtu (10/9/2022), menggelar Seminar dan Rapat Umum Anggota.

Seminar ilmiah dan rapat umum sekaligus memilih ketua dan struktur pengurus organisasi PDGI Cabang Ambon yang baru, dilangsungkan di Golden Place Hotel Ambon. Acara dihadiri kurang lebih 70 persen anggota dari total keseluruhan anggota PDGI Cabang Ambon, sebanyak 127 orang.

Hary Triwijaya, terpilih sebagai ketua periode 2022-2025. Dalam kesempatan itu, Wendy Pelupessy, ketua demisioner PDGI Cabang Ambon dalam amanatnya mengatakan, salah satu keputusan dalam Kongres PDGI di Balikpapan, Maret 2022 lalu, yakni agar segera dilakukan pemilihan ketua dan pengurus yang baru, 6 bulan sebelum berakhirnya massa kepemimpinan sebelumnya.

"Oleh karena itu, yang kita laksanakan hari ini (Sabtu, 10 September-red) untuk memenuhi amanah yang telah diputuskan dalam Kongres PDGI maret lalu di Balikpapan," kata Wendy.

Selain itu, Wendy juga menyebut tantangan PDGI Cabang Ambon kedepan yakni menyangkut pengembangan struktur organisasi.

Dikarenakan, kata dia, PDGI Cabang Ambon saat ini wilayah kerjanya meliputi 11 Kabupaten/Kota di Maluku dalam menjalankan program kerja kemanusiaan termasuk edukasi dan pelayanan kesehatan gigi bagi masyarakat.

"Dan harapan kita kedepan bisa ditingkatkan lagi untuk pengurus wilayah Maluku. Karena di Provinsi lain semuanya sudah ada," kata Wendy.

Termasuk, lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon itu, pengembangam Sumber Daya Manusia (SDM) di internal PDGI itu sendiri.

"Harapanya bisa diperluas lagi melalui online mungkin pelatihan-pelatihan internasional yang dapatkan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari teman-teman itu sendiri," kata Wendy, menambahkan.

Menyambung apa yang disampaikan Wendy Pelupessy, ketua PDGI Cabang Ambon terpilih, Hary Triwijaya, tidak menampik terkait tantangan. Tentunya ke depan, kata Dia akan ada kerja yang lebih berat lagi melanjutkan kepengurusan sebelumnya.

" Yang menurut saya sangat luar biasa. Saya rencanakan nanti bagaimana menyemaratakan capaian pelayanan untuk kesehatan gigi di Maluku," kata Hary, menambahkan.

Olehnya itu, kata Hary, salah satunya akan diupayakan kerja sama dengan pemerintah daerah yang memang membutuhkan tenaga kesehatan khusus dokter gigi.

" Sehingga pemerataan pelayanan pencakupan dokter gigi di masyarakat Maluku bisa terpenuhi. Kita akan dorong untuk penambahan dokter gigi di daerah-daerah lain," akui Hary.

Hary Triwijaya menambahkan, termasuk pengembangan organisasi untuk pembentukan pengrus di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

" Terkait pembentukan pengurus PDGI wilayah Maluku merupakan dokumentasi dari pengurus lama dan pasti akan kami lakukan," tambah Hary, lagi.(ERM).

  • Bagikan