Suaminya Balon Wagub Maluku, Isterinya Bertarung di Pilkada SBT

  • Bagikan
Pilkada SBT
Rohani Vanath memberikan keterangan pers usai mendaftar sebagai Balon Bupati SBT di DPC PPP. (foto by jamal/ameks)

BULA, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Rohani Vanath memastikan keseriusannya maju dalam Pemilihan kepala daerah Seram Bagian Timur (SBT), setelah resmi mendaftar di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara suaminya, Abdullah Vanath, mantan Bupati SBT dua periode, juga memastikan diri mendampingi Febry Calvin Tetelepta sebagai Bakal calon (Balon) Wakil Gubernur (Wagub) Maluku.

Rohani, mengaku dalam perhelatan Pilkada tahun 2024 ini ia didampingi dua tokoh politik besar di SBT yaitu Mantan Bupati dua periode Abdulah Vanath dan Bupati Aktif Abdul Mukti Keliobas.

Hal itu disampaikan Rohani, saat mengembalikan formulir bakal calon Bupati SBT di sekretariat PPP SBT, sekaligus kandidat pertama yang mendaftar di partai berlambang Ka'bah tersebut.

Rohani yang juga mantan anggota DPR RI dapil Maluku itu mengatakan, siap maju menjadi Balon Bupati SBT pada pilkada tahun ini. Langkah maju sebagai calon Bupati kata dia, untuk menjawab pertanyaan publik, kesiapannya bertarung di Pilkada.

"Untuk itu melalui PPP, Insya Allah saya akan mendapat dukungan. Saya akui diluar sana ada isu-isu miring karena saya seorang perempuan, saya anggap itu hal yang wajar,” jelas Rohani saat konfrensi pers di sekretariat PPP SBT, Selasa (21/5/2024).

Rohani mengaku, dalam membangun daerah bertajuk Ita Wotu Nusa itu, ia telah memliki bekal dan modal besar.

” Saya didampingi oleh dua mentor saya. Mentor politik saya, yang pertama Haji Abdullah Vanath, dalam kepemimpinan beliau saya sudah tau,ada kurang ada lebih. Mentor saya yang kedua adalah bupati kabupaten Seram Bagian Timur yang sekarang ini, bapak Mukti Keliobas,"imbuhnya.

Bersama PPP Rohani mengajak, agar selalu bahu membahu kembali membangun kabupaten SBT. Dengan modal pengalaman mantan Anggota DPR RI, dirinya sangat siap untuk maju dalam pertarungan pilkada kali ini.

Ditanya soal pasangan wakil dari dapil mana yang berpotensi mendampingi, Rohani masih merahasiakan ke publik. Kata dia, masih dalam tahap proses dan belum bisa memberikan kisi-kisi terkait hal itu.

"Bocorannya belum tau, masih jadi rahasia. Nanti tiba-tiba muncul itu menjadi surprise buat kita semua,"tandasnya.

Sementara ketua DPC PPP SBT, Fathul Kwairumaratu menyampaikan, dalam membangun demokrasi di daerah Bumi Ita Wotu Nusa itu selalu membawa pesan-pesan kedamaian untuk tetap berjuang kepentingan masyarakat setempat.

Anggota DPRD SBT Aktif itu juga menegaskan, kalau ada yang menghargai PPP, pihaknya juga menghargai itu.

"Insya Allah kedatangan ibu Haja Rohani Vanath ini membawa dampak politik demokrasi yang sehat dan damai, kita tetap menjalankan mekanisme partai prosedur partai, tahapan-tahapan partai, yang ibu hendak menghargai kita datang secara langsung mengembalikan formulir ini. Itu tandanya suatu pengahrgaan terhadap PPP,”pungkasnya.(jamal)

  • Bagikan