Proyek Galangan Baru PT Dok Wayame Terancam Mangkrak

  • Bagikan

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Pembangunan dan pengembangan Tiga unit galangan baru, PT. Dok Perkapalan Wayame Ambon, yang dimulai sejak 2021 hingga 2024 dengan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp8 miliar itu terancam mangkrak.

Bagaimana tidak, Tiga unit galangan dibikin pekerjaan utama belum juga rampung, terbengkalai. Diantaranya, pengecoran landasan, talud pengaman sungai dan lainnya.

Sementara serapan dana pengadaan barang dan jasa sudah mencapai 100 persen terealisasi dan tertimbun di gudang.

Proyek Pembangunan dan pengembangan galangan baru PT Dok Perkapalan Wayame, dengan sumber dana sendiri di tambah kredit bank diperkirakan mencapai Rp.8 miliar adalah tanggung jawab operasional Direksi dan Dekom sebagai pengawas.

Ditargetkan proyek itu sudah harus rampung di awal tahun 2024, dan di rencanakan akan diresmikan Gubernur Maluku saat ity, Murad Ismail, sebelum masa jabatan berakhir. Rencana peresmian, Maret 2024.

Dirut PT. Dok dan Perkapalan Wayame Ambon, Slamet Riyadi, dikonfirmasi Ameks.Fajar.Co.Id, Selasa (21/5/2024), terkait tiga proyek galangan baru itu, hanya menjawab pekerjaan galangan baru butuh anggaran besar. Dimulai pengecoran landasan, hingga talud pengaman.

"Pembangunan galangan, mulai Talud, landasan itu butuh anggaran besar, lagian anggaranya dari kita sendiri. Muda-mudahan di tahun ini sudah bisa kita selesaikan, doakan saja," ujar Slamet Riyadi.

Riyadi, juga menyebutkan tali sling juga harus di beli dari luar negeri, tidak dalam negeri.

" Tali sling, untuk pengadaan kita tidak beli di Indonesia, itu dibeli dari luar (negeri). Kita sudah pesan, dan sudah sampai," katanya.(elias rumain)

  • Bagikan