PDIP Rekomendasi 3 Balon Kepala Daerah di Maluku, Ini Nama-namanya

  • Bagikan
Pilkada

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP resmi umumkan rekomendasi kepada 58 bakal calon kepala daerah di seluruh Indonesia. Tiga diantaranya dari Provinsi Maluku.

Tiga bakal Calon dari Maluku yang mengantongi rekomendasi pertama dari PDIP adalah Benjamin Thomas Noach, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Safitri Malik Soulissa Buru Selatan dan Muin Sogalrey Kabupaten Kepulauan Aru.

Ketiganya merupakan kader PDIP dan masih berstatus sebagai Bupati MBD, Bupati Buru Selatan dan Wakil Bupati Aru saat ini.

Sementara tersisa 8 daerah dan bakal calon Gubernur di Provinsi Maluku, PDIP belum memberikan rekomendasi.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Hendrik Sahureka mengatakan, rekomendasi PDIP di Pilkada Gubernur maupun Bupati dan Walikota menjadi kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Siapapun yang diusung baik internal maupun eksternal, itulah figur yang dianggap paling terbaik oleh DPP.

"Yang tau soal rekomendasi hanya Ibu Ketua umum Megawati Soekarnoputri. Kami tidak bisa ramal. Sebab itu menjadi hak ketua umum dan sulit diasumsikan,"kata Hendrik kepada Ambon Ekspres, Kamis (30/05/2024).

Sebanyak empat Bakal calon Gubernur Maluku yang mendaftar di PDIP. Mereka adalah Febry Calvin Tetelepta, Said Latuconsina, Barnabas Orno dan Jefry Apollo Rahawarin.

Tiga bakal Calon Wakil Gubernur yang mendaftar diantaranya Abdullah Vanath, Abua Tuasikal dan Muhammad Tadi Salampessy.

Dikutip dari Jatim Times, Jum'at (31/05/2024) total 58 rekomendasi bakal calon Bupati dan Walikota 3 diantaranya calon Gubernur.

Daftar nama-nama yang mendapatkan rekomendasi tersebut tertuang dalam surat bernomor 6165/IN/DPP/V/2024, perihal instruksi dan undangan pemantapan batch-1 tim pemenangan daerah Pilkada serentak 2024.

Rekomendasi DPP PDI Perjuangan. Surat tertanggal 30 Mei 2024 ditujukan kepada calon kepala daerah dan atau wakil kepala daerah serta ditandatangani Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Dari nama-nama yang sudah direkomendasikan PDI Perjuangan, hanya ada 15 nama yang sudah direkomendasikan berpasangan. Sedangkan calon lainnya, namanya masih di rekomendasi tunggal. Sedangkan nama calon wakilnya masih dikosongkan.

Surat tersebut DPP meminta agar nama-nama yang terdapat dalam surat rekomendasi untuk mengirimkan tim pemenangan yang terdiri dari 9 orang. Tim pemenangan ini akan mendapatkan pelatihan khusus pada 5 sampai 7 Juni di Bogor. (wahab/JT)

  • Bagikan