Tawaran Beasiswa S2 LPDP Bagi Mahasiswa Unpatti ke China

  • Bagikan
Unpatti
Sosialisasi Program S2 bagi mahasiswa Unpatti. (foto by humas unpatti)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Program S2 unggulan ditawarkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDD) bagi mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti), untuk berkuliah di Central South University Tingkok.

Untuk pada Kamis (6/6/2024), pihak Unpatti menggelar sosialisasi kepada mahasiswa Unpatti yang berlangsung di Aula lantai 2 Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (6/6/2024).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Ruslan H Tawari menjelaskan, bahwa kegiatan yang digagas oleh International Office Universitas Pattimura ini untuk menyampaikan terkait beasiswa unggulan S2 bagi mahasiswa Unpatti.

Ini merupakan program pendanaan kerjasama antara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Pemerintahan Republik Indonesia (Kemenkomarves RI), Perusahaan Urban-Mining Tiongkok (GEM Co. LTD) dan Central South University (CSU).

"Program beasiswa ini disampaikan langsung oleh Dr. Wang Yaning selaku Direktur RnD Teknologi Ultra, GEM Shenzhen dan Viola Pongajow selaku Awardee Batch 2. Mereka telah menjelaskan terkait keunggulan dan manfaat beasiswa dumaksud,”ujarnya.

Dikatakan, GEM Co. Ltd telah berkomitmen untuk turut mewujudkan mimpi Indonesia Emas, dengan terlibat secara aktif dalam melatih dan mendidik sumber daya manusia di Indonesia. Dan di tahun ini, program beasiswa batch ke 4 diperluas kepada dua jurusan, yaitu jurusan Teknik Transportasi dan jurusan Ekonomi dan Perdagangan Internasional.

"Dengan itu, tujuan kedatangan tim program beasiswa dari Tiongkok Cina ini ingin mempromosikan program beasiswa pendanaan penuh yang merekrut mahasiswa-mahasiswi Universitas Pattimura pada fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ekonomi Bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan alumni pada bidang ilmu lain yang juga ingin mendaftarkan diri,”ujarnya.

Diketahui, fokus ilmu yang ditawarkan adalah S2 Teknik Metalurgi dan Material (New Energy Materials)-M.Eng, S2 Teknik Transportasi (Railway)–M.Eng, dan S2 Ekonomi dan Perdagangan International (For Non-Ferrous Metal) –M.S.

Program beasiswa ini akan dilaksanakan selama 3 tahun untuk satu tahun proses proses Perkuliahan, 1 tahun proses magang dan 1 tahun penelitian.

Dengan ini, pihaknya berharap ada mahasiswa dan mahasiswi i Universitas Pattimura yang menjadi bagian dari program beasiswa ini.

"Kami merasa sangat terhormat menjadi salah satu universitas di bagian Indonesia timur yang berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan kerja sama dan beasiswa S2 yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), GEM Co. LTD selaku Perusahan yang bergerak dalam bisnis daur ulang sampah elektronik dan juga Centeral South University,”tuturnya.

Menurutnya, program beasiswa ini sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia khususnya generasi muda di Indonesia sebagai langkah kongkrit dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.(leonardo)

  • Bagikan