Bikin Jalur Kawanua Normal, BPJN Maluku Manipulasi Gerak Air di Hulu Sungai

  • Bagikan
Jembatan Kawanua
Sejumlah kendaraan saat melintasi jalur Kawanua. Sabtu (15/6). (foto Istimewa)

MASOHI, AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Sempat tidak bisa dilalui kendaraan, Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku, kembali normalisasi ruas jalan Kawanua, Kecamatan Tehoru, Malteng, Sabtu (15/6/2024).

Dengan bantuan beberapa alat berat, BPJN Maluku akhirnya memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu.

Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Maluku, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 Pulau Seram, Yani Latuheruw mengatakan oprit jembatan yang jebol serta sejumlah ruas jalan yang diperbaiki bisa bertahan sementara.

Hal itu dikarenakan, pihaknya telah berupaya dengan memanipulasi gerak air pada bagian hulu sungai Kawanua yang tampak telah terbagi, dan kemudian di arahkan ke jalur utama aliran air.

"Ini semua bisa dilalui karena kami bendung sementara aliran air dari hulu ke arah oprit utama," ujar Yani.

Dengan begitu, dirinya menyakini untuk sementara akan membendung jalur air yang mengalir. Pihaknya, akan terus memastikan kondisi jalur lintas seram tetap aktif.

Selain itu, Kapolsek Tehoru Iptu Anthon berterima kasih kepada BPJN, yang terus berusaha membenahi jalur lintas seram, sehingga arus lalu lintas normal kembali.

Pihaknya juga akan terus memastikan keselamatan dengan menghimbau sejumlah pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang tergenang air.

"Kami juga membantu mengatur sejumlah pengguna jalan agar dapat melintasi dengan baik," tutupnya. (djen wasolo).

  • Bagikan