Bursa Pilkada Malteng, Mirati Unggul di Dua Survei Berbeda

  • Bagikan
Bupati Malteng
Mirati Dewaningsih

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Elektabilitas Mirati Dewaningsih dalam dua survei berbeda dari dua lembaga survei, tertinggi dibanding Bakal calon Bupati Maluku Tengah lainnya. Baik elektabilitas Balon Bupati, maupun dengan pasangan.

Dua lembaga survei itu, masing-masing survei Sinergi Data Indonesia (SDI) , dan Vox Populi. Vox Populi sendiri melakukan survei untuk kepentingan internal partai NasDem terkait Pilkada serentak di Maluku.

Ketua DPW NasDem Maluku Hamdani Laturua yang sempat dikonfirmasi, terkait survei internal NasDem membenarkannya. Kata dia, survei telah selesai dilakukan.

“Survei itu dilakukan Mei lalu, dan hasilnya sudah ada. Tapi saya belum bisa menyampaikan ke publik, karena itu untuk kepentingan NasDem,” kata Hamdani kepada ameks.fajar.co.id.

Dari informasi yang diterima ameks.fajar.co.id, hasil survei internal NasDem, baik elektabilitas individu maupun pasangan, Mirati Dewaningsih berada di urutan teratas.

“Untuk bakal calon Bupati sendiri, ibu Mira ada di angka 30 persen lebih. Sementara pasangan itu, ada di angka 40 persen lebih,” kata sumber ameks.fajar.co.id, yang menolak merinci prosentase jelas elektabilitas masing-masing kandidat ini.
Hamdani sendiri mengaku, survei yang dilakukan internal, untuk kepentingan NasDem menentukan keputusan arah dukungan dalam Pilkada, termasuk di Maluku Tengah.

Sebelumnya SDI dalam surveinya, yang digelar akhir Mei dari tanggal 20 Mei hingga 25 Mei 2024, dengan responden 440 dengan margin of error 4,77 persen. Ada 11 nama yang disurvei untuk posisi Bakal calon Bupati Malteng.

Lima besar figur yang memiliki eletabilitas tertinggi, adalah Mirati Dewaningsih 24,77 persen. Dibawah Mirati, ada Ibrahim Ruhunussa dengan elektabilis mencapai 14,32 persen, Andi Munaswir 10,68 persen, Muhamat Marasabessy 7,50 persen, dan Zulkarnain Wat Amir elektabilitasnya 4,55 persen.

Untuk simulai tiga pasangan SDI membagi dalam dua bagian. Bagian pertama, Mirati Dewaningsih-Rudolf Lailosa elektabilitasnya mencapai 40,00 persen, Muhamat Marasabessy-Victor Loupatty 12,27 persen, dan Zulkarnain Awat Amir-Mario Lawalatta ada diangka 11,59 persen. Yang belum tentukan pilihan 36,14 persen.

Untuk simulasi kedua, Mirati-Victor Loupatty 40,68 persen, Zulkarnain Awat Amir-Mario Lawalatta 12,50 persen, dan Herry Men Cerl Haurissa-Halium Saulatu 5,45 persen. Pemilih yang belum tentukan pilihan sebesar 41,37 persen.(jardin papalia)

  • Bagikan