Tahapan Pilkada Malteng Dimulai, KPU Launching di Masohi

  • Bagikan
Launching Pilkada Malteng
Launching Pilkada Malteng

MASOHI, AMEKS.FAJAR.CO.ID. - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah launching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Sabtu (22/6).

Bertempat pantai Ina Marina, launching Pilkada dihadiri langsung oleh Ketua KPU Provinsi Maluku bersama jajaran, Bawaslu, Penjabat (Pj) Bupati Malteng, Kapolres, Dandim, tokoh pemuda dan para pimpinan OPD.

Ketua KPU Provinsi Maluku, M. Shaddek Fuad mengungkapkan, dengan di launchingnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), diharapkan semuanya berlangsung damai.

"Pilkada yang jujur, Pilkada yang berintegritas, dan menolak tindakan-tindakan yang tidak terpuji, yang mencederai demokrasi. seperti: menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian, politik uang dan yang lain- lainnya," ujarnya.

Dirinya, mengajak semua pihak agar dapat mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba.

Dikatakannya, semua tahapan pelaksanaan Pilkada serentak sudah di tahap terakhir. "Pastikan sudah ada di dalam daftar pemilih. Empat bulan kedepan kita sudah sampai pada bulan November 2024. Jangan sia-siakan kesempatan ini, kami ajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi. Pastikan kita ada sebagai pemilih," ajak Fuad

Ketua KPU Kabupaten Maluku Tengah, Abdurrahim Lesnussa mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada tahun 2024 di kabupaten Malteng adalah tahapan awal untuk mengawali seluruh rangkaian prosesi dari tahapan Pilkada tahun 2024.

KPU Malteng, kata dia, telah melaksanakan beberapa agenda penting dalam tahapan Pilkada yakni, telah melantik badan adhoc di 18 kecamatan yang tersebar di bumi yang bertajuk Pamahanu Nusa itu.

"Pemilu adalah sarana untuk menyalurkan aspirasi, olehnya itu harus dilakukan dengan riang gembira oleh seluruh masyarakat, dengan aman dan lancar," katanya.

Menurut Lesnussa, proses launching berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

"Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2022 tentang partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Maka KPU Malteng menggelar peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malteng tahun 2024 serta Pengenalan Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malteng tahun 2024," ungkap Lesnussa.

"Diharapkan dengan peluncuran ini partisipasi masyarakat Maluku Tengah semakin meningkat dalam Pilkada nanti," harapnya. (djen wasolo)

  • Bagikan